JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., dijadwalkan akan meresmikan Stadion Lukas Enembe (sebelumnya Stadion Papua Bangkit) bersama dengan beberapa venue PON yang dibangun oleh APBD Provinsi yang telah rampung. Peresmian direncanakan di Stadion Lukas Enembe pada tanggal 20 Oktober 2020.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., saat meninjau venue Aquatik di Kampung Harapan Sport Center, Kabupaten Jayapura, Jumat (2/10).  ( FOTO: Erik/Cepos)

Selain agenda peresmian, juga akan dilaksanakan hitung mundur 300 hari pelaksanaan PON XX 2021.

PB PON akan menyampaikan kesiapan mereka menyambut event olahraga empat tahunan tersebut, KONI Papua memaparkan kesiapan atlet dan target, Dinas Sosial juga akan menyampaikan jumlah orang Papua asli. Sementara Disorda Papua akan menyampaikan progres kesiapan venue.

Plt. Kadisorda Papua, Alexander Kapisa mengatakan, bahwa Disorda Papua akan memaparkan progres semua venue, baik yang dibangun oleh APBD Provinsi, APBD kabupaten serta venue yang dibangun melalui APBN.

Kata Alex, selain meresmikan Stadion Lukas Enembe, Gubernur Lukas juga akan meresmikan 9 venue dari APBD Provinsi yang telah rampung 100 persen.

“Kami dari Disorda akan menyiapkan venue-venue yang akan diresmikan oleh pak Gubernur secara seremonial, ada besekitar 9 venue yang akan diresmikan,” ungkap Alex sapaan akrabnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (2/10) saat ditemui di Stadion Papua Bangkit.

Kata Alex, setelah diresmikan, venue-venue tersebut siap digunakan oleh para atlet Papua pada awal tahun mendatang.

“Selain Stadion Lukas Enembe, venue yang diresmikan adalah venue Menembak Outdoor,  Baseball/Softball Auri, GOR STT GIDI, Menembak Indoor, Baseball/Sofabll Uncen, Voli Koya Koso, Tenis dan Futsal di Mimika,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Stadion Lukas Enembe akan menjadi venue opening dan closing ceremony pelaksanaan PON XX 2021 Papua. (eri/nat)