Ratusan Personel  Polresta Jayapura Kota Jalani Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Anggota Polresta Jayapura Kota menjalani pemeriksaan kesehatan, Sabtu (5/6) lalu.(FOTO:  Elfira/cepos)

Anggota Polri dituntut untuk selalu sehat, fit dan bugar, apalagi di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesehatan menjadi faktor penting. Karena itu sejak pekan lalu Polresta Jayapura Kota melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ratusan anggotanya. 

Laporan Elfira

Rupa rupa ekspresi wajah para personel anggota Polresta Jayapura Kota saat duduk di kursi yang telah disediakan di Aula Mapolresta Jayapura Kota, Sabtu (5/6). Di ruangan berukuran sedang itu, para anggota dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin berkala terhadap personel  guna mengecek kesehatan setiap personel .

 Pemeriksaan kesehatan ini digelar hingga Polsek Jajaran Polresta Jayapura Kota yang dimulai sejak Rabu (2/6) hingga terakhir digelar di Polresta Jayapura Kota dengan total keseluruhan yang diperiksa sebanyak 225 personel .

 Pemeriksaan kesehatan sendiri kerap dilakukan Polresta Jayapura Kota untuk personelnya, apalagi di tengah pandemi saat ini. Dimana anggota kerap berhadapan langsung dengan masyarakat ketika bertugas di lapangan atau di Mapolres.

 Paur Kes Polresta Jayapura Kota Iptu Azhari mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan bekerjasama dengan Bid Dokkes Polda Papua yang diselenggarakan bersama dengan pihak ASA Laboratorium Klinik selaku pihak ketiga.

“Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan darah, urine, mata, telinga, tinggi badan, berat badan, gigi, rekam jantung / EKG dan Rontgen serta tes kesehatan jiwa dituangkan sebanyak 567 soal yang harus dijawab,” tutur Iptu Azhari.

 Adapun pemeriksaan kesehatan terhadap personel  dilaksanakan secara berkala guna mengetahui kondisi kesehatan setiap personel  dan tentunya untuk menunjang kinerja kepolisian di lapangan. Ia bersyukur, sejauh ini hasilnya membaik dan anggota semua sehat.

 “Hasil dari pada pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap personel  akan dikembalikan ke Mapolresta guna mendukung nilai kesamaptaan rutin yang digelar setiap semester,” ucapnya.

Apabila ditemukan personel  yang memiliki kekurangan atau gangguan dengan kesehatan dari hasil yang keluar nanti, maka yang bersangkutan akan diarahkan ke dokter untuk menindaklanjuti guna mendapatkan perawatan medis untuk dapat memulihkan kesehatan personel  tersebut.

 Terkait kesehatan, anggota Polresta Jayapura Kota juga peduli dengan tahanan yang ada di Mapolresta Jayapura Kota. Sebanyak 72 orang  tahanan melaksanakan olahraga pagi dipanas matahari guna menjaga kesehatan di halaman Mapolresta Jayapura Kota, Sabtu (5/6) pagi. 

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kasat Tahti Polresta Jayapura Kota Ipda Fahymu berserta anggota yang diback up personel  penjagaan dan propam serta Urusan Kesehatan (Urkes) Polresta. Kasat Tahti Polresta Ipda Fahymu menyampaikan, kegiatan olahraga pagi bagi para tahanan-tahanan di Mapolresta dilakukan secara berkala.  “Ini dilakukan agar para tahanan tetap sehat dan bisa menikmati panas matahari di pagi hari guna menjaga imun tubuh, apalagi ini masih di masa pandemi covid-19, ” ucapnya.

 Secara keseluruhan, para tahanan dalam keadaan sehat namun pihaknya tetap harus mengontrol mereka sehingga tidak mudah terserang penyakit, namun kalau ada tahanan yang sakit pasti akan dibawah berobat melalui Urkes Polresta maupun ke RS Bhayangkara. Tidak hanya  olahraga, pihaknya juga membersihkan ruang tahanan dan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan tahanan. 

 “Usai seluruh kegiatan olahraga dan pembersihan selesai, kami juga membagikan perlengkapan mandi maupun sabun untuk mencuci pakaian agar mereka bisa menjaga kebersihan tubuh masing-masing, ”  tandasnya.(*/wen)