MERAUKE-Dinas  Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke akan segera melakukan vaksinasi terhadap ayam  petelur yang masih  bertahan dari  seragan flu burung  yang  terjadi di Kabupaten Merauke dalam beberapa  bulan terakhir. Vaksinasi yang  dilakukan tersebut setelah vaksin dari Pemerintah Pusat diterima  oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke. 

drh. Retno P. Handayani,   M.Ec.Dev  ( FOTO: Sulo/Cepos)

  “Untuk vaksinasi  kita akan segera lakukan.  Hari ini, kami akan melakukan pertemuan dulu dengan   para peternak  ayam petelur dari Hipar  Kabupaten Merauke,” kata Kepala   Bidang Kesehatan  Hewan Dinas  Peternakan  dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke drh. Retno P. Handayani, M.Ec.Dev  ditemui  media ini di ruang kerjanya,   Selasa (14/7). 

  Menurut   Retno, tidak semua   ayam  petelur tersebut akan divaksin.  Yang divaksin, hanya ayam   sesuai dengan  rekomendasi  dari  Dinas  Peternakan Provinsi  Papua dan  pusat.    ‘’Kita sudah melakukan pendataan  dimana jumlah   ayam   petelur yang akan  divaksin sesuai  dengan  rekomendasi  tersebut  hanya sekitar  50 ribu  ekor   ayam  yang akan   divaksin dari 15  peternak ayam  di Merauke.” terangnya.    

  Retno menambahkan bahwa sesuai data    yang ada pada pihaknya, jumlah   ayam  petelur yang  mati akibat flu burung  tersebut  sekitar 68.000  ekor ayam. Namun    jumlah yang tercatat  ini   hanya bagi  peternak yang melapor. Sementara  ada peternak   yang tidak  melaporkan   kematian dari ayam   ternaknya tersebut. (ulo/tri)