Doren Wakerkwa ( FOTO: Gratianus silas/Cepos)

PON 2020 Papua

“Namanya bukanlah Stadion Papua Bangkit. Melainkan, Stadion Lukas Enembe. Nama stadion ini tertuang dalam Perdasus 2019 yang telah ditetapkan secara resmi,”Doren Wakerwa

JAYAPURA- Seharusnya stadion megah nan berkelas internasional di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, disebut dengan nama Stadion Lukas Enembe. Bukan sebaliknya disebut Stadion Papua Bangkit (Spaba) sebagaimana yang selama ini disebut-sebut dan diberitakan di berbagai media lokal maupun nasional.

Demikian, hal ini disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, yang mengklarifikasi nama stadion utama di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua, Oktober 2020 mendatang.

“Nama stadion di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, itu bukanlah Stadion Papua Bangkit. Melainkan, Stadion Lukas Enembe. Nama stadion ini tertuang dalam Perdasus 2019 yang telah ditetapkan secara resmi,” jelas Doren Wakerkwa kepada wartawan, Senin (2/3) kemarin.

Dengan kata lain, bukannya asal memberi nama, melainkan penetapan nama stadion tersebut sudah berkekuatan hukum yang diatur dalam Perdasus Provinsi Papua tahun 2019 bersama DPR Papua. Kata Wakerkwa, ini sama halnya dengan nama jembatan penghubung Hamadi – Holtekamp yang diberi nama Jembatan Papua Bangkit di Youtefa, dan Bandara Sentani yang diberi nama Bandara Theys Hiyo Eluay. Meskipun tak secara spesifik menyebutkan, namun kata Wakerkwa, nama dari ketiga infrastruktur ini telah diatur dalam Perdasus 2019.

“Untuk itu, semua pihak, termasuk stakeholder terkait, masyarakat pada umumnya, terutama media massa harus mengetahui bahwa nama stadion di Kampung Harapan ialah Stadion Lukas Enembe, bukannya Stadion Papua Bangkit. Ini akan pula kita sosialisasikan dalam beberapa bulan ke depan,” pungkasnya. (gr/gin)