Doren Wakerkwa ( FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Perayaan HUT Satpol PP, Sat Binmas, dan Damkar (Pemadam Kebakaran), telah dilaksanakan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Khusus untuk Provinsi Papua, Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, menyebutkan bahwa pada Kamis (28/3) besok, perayaan HUT Satpol PP, Sat Binmas, dan Damkar akan digelar di halaman Kantor Gubernur Papua, dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH., selaku pembinanya.

“Selain dari lingkungan Pemprov Papua, terdapat pula peserta yang kami undang hadir dari 29 kabupaten/kota di Papua. Kini telah dipastikan 120 peserta akan ikut ambil bagian dalam upacara HUT tersebut,” ujar Doren Wakerkwa khusus kepada Cenderawasih Pos, Selasa (26/3) kemarin.

 Wakerkwa menyebutkan bahwa Gubernur Papua akan mendorong Satpol PP di seluruh Papua untuk mengawal kelancaran Pemilu, baik Pileg maupun Pilpres, di daerahnya masing-masing. Dengan demikian, indeks demokrasi di Papua dapat terus menunjukkan angka yang semakin baik.

“Terlebih lagi ialah pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, di mana Satpol PP diharapkan mampu mengambil peran yang sesuai dengan tugas dan fungsi, secara khusus mengawal pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden di Provinsi Papua,” tambahnya.

Hal ini dapat terwujud jikalau sinergitas dapat terus dijalin semakin kuat. Demikian, kata Wakerkawa, Satpol PP di masing-masing daerah di Provinsi Papua diharapkan terus menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan semua pihak, secara khusus stakeholder terkait, seperti halnya Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih.

“Dengan demikian, perwujudan akan Pemilu Aman dan Damai di Papua pada Pesta Demokrasi 17 April nantinya dapat terlaksana sesuai dengan harapan semua pihak. Tidak ketinggalan, Peraturan Kepala Daerah, Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi), dan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) di Provinsi Papua pun harus menjadi bahan acuan bagi Satpol PP dalam menjalankan kinerjanya,” terangnya lagi.

Demikian, bukan hanya Satpol PP, melainkan berlaku pula bagi Sat Binmas dalam menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di berbagai daerah di Papua. 

“Damkar juga begitu, mereka harus persiapkan diri, siap siaga untuk ikut memberikan kontribusi mengendalikan bencana,’’tandasnya. (gr/ary)