Dantim Satgas, Iptu Harris Lambalo saat memimpin razia masker di jalan Diponegoro Serui,  tepatnya di kawasan pasar  dengan menjaring puluhan warga. (FOTO: Sinambela/Cepos )

SERUI – Guna memutus rantai penyebaran Covid-19, Tim Covid Kabupaten Kepulauan Yapen terus meningkatkan instensitas razia masker di berbagai jalan utama. Alhasil, saat razia masker, Selasa (19/5) pagi di jalan Diponegoro tepatnya di pusat pasar, tim Covid Pemda bersama aparat TNI dan Polri berhasil menjaring puluhan warga yang bepergian tanpa memakai masker.

  Warga yang terjaring, kemudian diarahkan masuk ke mobil patroli, selanjutnya dibawa ke posko induk di kantor bupati setempat.

  Komandan Tim  penangangan dan percepatan penangangan covid 19, Iptu Harris Lambalo mengatakan bahwa warga yang terjaring akan dibawa ke posko induk kabupaten. “Semua warga yang terjaring akan dibawa ke posko untuk diberikan arahan dan pemahaman terhadap pentingnya penggunaan masker dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

  Satgas Covid yang terdiri dari TNI-Polri, Pol PP juga Pemadam Kebakaran setiap hari melakukan patroli guna menertibkan masyarakat yang tidak mengikuti protokol yang dibuat pemerintah, kendati demikian dalam razia ini tergambarkan bahwa masyarakat Yapen masih enggan peduli atas pandemi Covid-19 ini.

  Untuk memutus rantai penyebaran yang saat ini terus menyebar dengan cepat di seluruh Indonesia satgas Covid -19 Yapen tidak mau mengambil resiko terhadap masyarakat yang keras kepala. Oleh karena itu penindakan tegas akan diberikan kepada siapa pun yang tidak mengikuti anjuran dari pemerintah untuk terus memakai masker saat di luar rumah, ini terlihat dengan di bawanya puluhan orang yang terjaring dalam razia ini, puluhan warga ini di bawa langsung oleh satgas Covid-19 untuk di berikan hukuman di Posko Induk.

  Tak hanya di depan pasar Aroro-Iroro, Satgas covid-19 Yapen akan terus berpatroli siang dan malam di seluruh pejuru kota Serui guna menangkap juga menertibkan seluruh masyarakat yang terus menyeleneh terhadap anjuran yang pemerintah sudah berlakukan saat pandemi ini.

  Perlu di ketahui dalam pandemi Covid-19 saat ini seluruh masyarakat wajib menggunakan APD dasar yaitu masker saat berpergian, menhindari tempat keramaian, dengan demikian rantai penyebaran ini bisa di putus dan yang di harapkan untuk tidak masuknya Covid-19 di Yapen tercapai. (Rin/tri)