Satuan binmas polresta jayapura kota gelar Binluh di belakang Aspol Kloofkamp tepatnya di Kampung Swakarya Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara, Selasa (23/2).

JAYAPURA – Satuan Binmas Polresta Jayapura Kota gelar pembinaan dan penyuluhan (Binluh) di belakang Aspol Kloofkamp, tepatnya di Kampung Swakarya, Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, Selasa (23/2).

 Kegiatan Binluh dipimpin Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota AKP Piter Kendek didampingi Wakasat Binmas Iptu Abdullah Chariri, Kanit Bin Polmas Aiptu Abdul Hamid, Kanit Bin Tibmas Aipda Faisal dan staf Satuan Binmas serta Ketua RT 02 RW 09 Bpk.Tom Marani juga warga setempat.

 Kasat binmas mengatakan, pemberian pembinaan dan penyuluhan ini terkait kenakalan remaja,  dimana diketahui bersama bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi Virus Covid-19 yang mana dalam situasi pandemi ini sangat memperngaruhi segala macam aspek di masyarakat.

“Salah satunya dalam aspek pendidikan. Contohnya dalam proses belajar mengajar di sekolah menjadi terhambat yang mengakibatkan banyaknya remaja (pelajar) dapat dengan bebas beraktivitas di luar rumah dan dapat mudah di pengaruhi pergaulan yang sifatnya negatif,” ungkapnya.

 Lanjutnya, di zaman yang semakin modern ini adik-adik remaja memiliki rasa ingin tahu sangatlah tinggi baik dari segi positif maupun di sisi negatif. Oleh sebab itu peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik dan mengawasi adik-adik remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang sifatnya negatif. Contohnya seks bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang (Narkoba) dan minuman keras (Miras) serta tindak kriminal lainnya.

 “Selain mendidik dan mengawasi,  sebagai orang tua juga harus memberikan pemahaman tentang dampak dan bahayanya pergaulan bebas (kenakalan remaja) dan selalu mengajarkan tentang ilmu-ilmu agama (kebaikan),” ucapnya.

 Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan alat musik dan olah raga oleh Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota kepada Pemuda Sekolah Minggu Kampung Swakraya Gurabesi berupa satu buah Gitar, satu buah Net, satu buah Bola Volly dan satu buah Bola Futsal. (fia/ary)