Apel Siaga Khusus dalam rangka Idul Fitri  di halaman  Kantor Pencarian dan  Pertolongan  Merauke, Minggu (17/5).  (FOTO: Sulo/Cepos) 

SAR Tetap Prioritaskan Keselamatan dan Kesehatan Anggota  

MERAUKE-Meski tahun ini dipastikan tidak ada arus mudik lebaran, namun SAR Merauke tetap mengelara apel siaga khusus Idul Fitri tahun ini. Tujuan tetap dilaksanakannya siaga khusus lebaran dalam masa pandemi ini adalah terwujudnya pelayanan SAR yang optimal untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 pada hari raya Idul Fitri 1441 H/ 2020 secara profesional, sinergi dan aman. 

  “Basarnas mendukung secara optimal kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 selama siaga SAR khusus lebaran tahun ini, masa dimana tidak mudik lebaran. Konsentrasi siaga dimulai tanggal 17 Mei sampai 1 Juni 2020 ,’’ kata Kepala   Kantor  Pencarian dan  Pertolongan Merauke  Raymond Konstantin, SE, saat menggelar apel siaga khusus Idul Fitri, Minggu   (17/5). 

   Raymond Konstantin menjelaskan  bahwa sesuai panduan pelaksanaan, posko yang dibuka hanyalah posko mandiri di kantor, pos SAR dan juga di kapal SAR. Dilaksanakan pemantauan atau patroli mempergunakan kendaraan roda empat ke beberapa wilayah khususnya tempat wisata dan beberapa tempat lain yang berpotensi terjadi kecelakaan. “Koordinasikan dengan pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan, dan yang lebih penting adalah tetap jaga keselamatan dan kesehatan setiap anggota tim selama siaga lebaran kali ini,” tandasnya. (ulo/tri)