JAYAPURA – Menindaklanjuti imbauan Gubernur Provinsi Papua dalam hal mensukseskan pelaksanaan PON XX di Papua, sekaligus melalui PON sukses ekonomi juga diharapkan berkembang,  Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan,  Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Provinsi telah melakukan berbagai upaya, seperti halnya membina dan menyediakan bantuan berupa gerobak pinang dan gerobak kopi bagi UMKM Papua.

 Kepala Dinas Perindakop Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay menjelaskan,  pihaknya berupaya ikut membangkitkan ekonomi masyarakat,  khususnya peningkatan ekonomi jelang PON bahkan diharapkan setelah PON.  

 Pemerintah Provinsi Papua telah menyalurkan bantuan berupa subsidi bagi penyaluran Kredit dan memberikan gerobak-gerobak usaha.

 “Penyerahan gerobak yang kami bantu berjumlah 215 unit, namun akan kami tambah lagi 140 unit lagi. Kami harap pada saat PON setiap gerobak usaha sudah bisa digunakan bagi para UMKM untuk berjualan,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (13/9) kemarin.

 Diakuinya, bantuan bukan hanya difokuskan di Jayapura saja, tetapi juga untuk daerah -daerah pelaksanaan venue-venue PON lainnya.

 “Kita juga tengah membina anak-anak  jantung kota, yang mana lewat pembinaan tersebut diharapkan tidak menjadi masalah bagi kita tetapi menjadi kekuatan pembangkit ekonomi bagi kita di Papua, dengan cara menyediakan gerobak-gerobak kopi,” tambahnya.

 Khusus dari pemerintah daerah, Gubernur Papua telah membantu 25 gerobak  dengan melibatkan 75 orang. Penyediaan gerobak dan membina anak-anak jantung kota ini,  pihaknya bekerja sama dengan Kadin Papua. (ana/ary)