Penyerahan piala bergilir terhadap salah satu peserta yang berhasil meraih yang terbaik untuk kategori masjid terbersih di wilayah Kabupaten Jayapura, Sabtu,(13/6). ( FOTO: Robert cepos)

SENTANI- Baznas dan MUI Kabupaten Jayapura  menggelar kegiatan lomba kebersihan masjid se-Kabupaten Jayapura. Lomba kebersihan ini sebagai upaya MUI dan Baznas untuk mempersiapkan masjid dalam kondisi siap digunakan jika sewaktu-waktu pemerintah membuka kembali tempat ibadah tersebut selama pandemi Covid- 19.

“Lomba kebersihan ini mempersiapkan masjid-masjid, apabila sudah diperkenankan untuk  bisa membuka masjid pada new normal nanti, kita sudah baik dari sisi kebersihanya maupun penerapan protokol kesehatan,”kata Ketua Baznas Kabupaten Jayapura, Tri Mulyadi di Mashid Al Aqsa Sentani, Sabtu (13/6).

Dia mengatakan, ada beberapa item penilaian yang diambil juri dalam menilai kebersihan masjid pada lomba kebersihan di Kabupaten Jayapura. Mulai dari kebersihan kamar mandi, kesiapan lahan dan penataan lingkungan masjid, termasuk pagar taman, penilaian terhadap penataan mimbar penerangan, pengaturan tempat duduk jamaah sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah sehubungan dengan penanganan Covid-19.

“Ada 11 kriteria yang dinilai, diantaranya pengecekan terhadap kebersihan kamar mandi, apabila  toilet bersih biasanya bagian lainya bersih. Kemudian penilain terhadap penataan lingkungan, mulai dari penataan pagar, mimbar, penerangan, pengaturan tempat duduk jemaah,”katanya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyerahkan bantuan dana pendidikan untuk beberapa sekolah dan juga bantuan untuk delapan asnaf dan mualaf. Kemudian seluruh masjid di Kabupaten Jayapura juga diberikan alat pengukur suhu tubuh berjumlah 30 unit.  

“Harapan kami, alat-alat ini  bisa dimanfaatkan dan bisa digunakan untuk persiapan orang-orang yang akan memasuki masjid sehingga sesuai  protokol kesehatan dalam rangka penanganan Covid-19,” bebernya.(roy/tho)