PERTEMUAN: Suasana rapat perencanaan pembukaan tempat/rumah ibadah di Kota Jayapura di kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (10/6). ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., mengatakan, kegiatan ibadah di masjid dan musala di Kota Jayapura untuk saat ini belum bisa dilaksanakan.

Umat Islam di Kota Jayapura menurut Rustan Saru diminta untuk tetap menjalankan ibadah di rumahnya masing-masing hingga akhir bulan ini. Pasalnya, sampai saat ini menurut Rustan Saru, penyebaran virus Corona di Kota Jayapura masih tinggi. 

Oleh sebab itu, dirinya meminta umat Islam untuk bersabar menunaikan ibadah di rumah masing-masing guna mencegah penularan virus Corona. 

 “Karena pandemi virus Corona masih tinggi, nanti sakhir bulan Juni baru bisa dibuka. Kita tetap dilihat perkembangannya. Kalau masih meningkat ya belum bisa lagi. Tapi  kami harap akhir Juni ini penyebaran sudah mulai menurun,” ungkap Rustan Saru yang juga sebagai Wakil Wali Kota Jayapura saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/6) kemarin.

 Dijelaskan, diperkirakan akhir bulan Juni ini akan dilakukan evaluasi penentuan kepastian pembukaan tempat ibadah. Untuk itu, dirinya meminta seluruh warga kota bisa lebih bersabar. 

Menurut Rustan Saru, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura, tingkat penyebaran virus Corona di kota ini masih terjadi. Meskipun demikian penularannya secara perlahan mulai menurun dan diharapkan pada akhir Juni sudah tidak ada masalah lagi.(dil/nat)