Atlet Rugby PON Papua saat melakukan latihan di lapangan Lantamal X Jayapura, Jumat (13/3) sore kemarin. ( FOTO: Erik / Cepos)

PON 2020 Papua

JAYAPURA – Cabang olahraga Rugby Papua optimis mampu mengulang prestasi gemilang mereka saat PON Jawa Barat 2016 lalu. Tim Putra dan Tim Putri Rugby Papua menjadi pendulang emas pertama bagi Provinsi Papua pada eksebisi PON XIX 2016.

Saat itu, tim Rugby Papua berhasil memborong emas di kelas putra dan putri Rugby Seven dengan tujuh pemain, sekaligus mencatat sejarah baru perkembangan olahraga rugby di tanah Papua. 

Saat PON Papua XX pada bulan Oktober mendatang, cabang olahraga Rugby resmi dipertandingkan dengan dua nomor. Rugby Papua pun berhasrat ingin menyapu bersih medali emas. 

Sang pelatih kepala, George Deda sangat yakin dengan materi pemain dan persiapan latihan mereka mampu kembali menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Papua. 

“Di Jawa Barat kita mampu meraih dua medali emas, dan semoga kita sebagai tuan rumah kita kembali bisa meraih dua medali emas,” ungkap George Deda kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di lapangan Lantamal X Jayapura, Jumat (13/3) sore kemarin. 

Deda menuturkan, saat ini periodisasi timnya masuk pada program khusus. Sehingga timnya butuh laga-laga uji coba untuk terus mengasah kemampuan atletnya.

Saat ini Rugby Papua telah mempersiapkan 16 atlet terbaiknya nanti di PON XX. “Sudah ditetapkan sesuai kouta 14 secara resmi, tapi kita tambahkan 2 atlet jadi keseluruhan ada 16 yang akan dipersiapkan. Kita pastikan bisa meraih prestasi terbaik dan menorehkan tinta emas di PON nanti, sebagai tuan rumah harus optimis,” tandasnya. (eri/gin).