JAYAPURA-Ricky Ham Pagawak resmi memimpin Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Papua periode 2020-2024. 

Ricky Ham Pagawak bersama pengurus Pertina Papua yang baru dilantik langsung oleh Ketua Pengurus Pusat (PB) Pertina Indonesia, Kamaruddin Simanjuntak di Hotel Suni Abepura, Jumat (3/9).

Komaruddin berharap, dengan pengurus yang baru kian memajukan olahraga tinju di Papua. Menurutnya, selama ini Papua selalu disegani oleh petinju seluruh Indonesia. Pertina Papua juga dinilai selalu aktif mengorbitkan petinju-petinju handal.

“Papua selalu disegani dan ditakuti oleh kontingen lainnya. Tentunya prestasi ini diperoleh bukan karena kebetulan, tapi karena program yang terencana dengan baik. Dan dalam pengurus yang baru ini juga ada beberapa mantan petinju hebat Papua, seperti Benny Maniani. Kami mengharapkan pengalaman beliau tetap mengawal pengurus ini agar tinju di Papua tetap melahirkan atlet handal,” ungkap Komaruddin dalam sambutannya.

Komaruddin juga menuturkan, Pertina Papua beberapa kali mengharumkan nama Pertina Indonesia pada ajang dunia. Ia pun berharap dengan kepengurusan yang baru bisa mengembalikan kejayaan Pertina Papua.

“Masih adakah semangat itu di dadamu, masih adakah jiwa Cenderawasihmu, masih adakah Garuda di dadamu, jawabanya pasti ada. Karena ciri khas tinju itu di Papua. Sebab itu saya titipkan kepada Pak Ketua Pertina Papua yang diwariskan pendahulu kita bisa dilanjutkan, Papua memiliki kans besar untuk melahirkan juara-juara ke depan,” ucap Komaruddin.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya mengakui bahwa cabang olahraga tinju merupakan salah satu Cabor andalan Papua pada PON XX 2021. Ia juga berpesan agar pengurus yang baru terus mengikuti ilmu olahraga.

“Sport science itu sangat penting, untuk mengukur sang atlet bisa bertahan sampai tiga ronde sudah bisa dihitung, sebab itu mandat yang diberikan kepada kita bagaimana Papua menjadi pelopor Tinju masa depan. Semoga semangat yang ada saat ini terus dijaga untuk pembinaan atlet yang potensial,” kata Kenius.

“Semangat yang ada hari ini itu terus dipupuk untuk mengurus olahraga dan untuk mendapatkan atlet unggulan tentu pembinaan yang baik. Di kabupaten/kota juga banyak sasana, mungkin kedepan bisa melakukan beberapa event untuk mendapatan atlet unggul. Dan harapan kami Tinju bisa juara umum di PON,” pungkasnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Pengprov Pertina Papua, Ricky Ham Pagawak menegaskan bahwa dengan kepengurusan yang baru, mereka akan berupaya untuk mengembalikan kejayaan tinju di Bumi Cenderawasih.

“Kami juga mohon dukungan dari Pertina Pusat untuk terus membina dan mendukung kami dan dengan pengurusan yang baru mengangkat tinju Papua. Dan yang dilantik ini mereka adalah senior yang membawa nama baik besar Papua dan juga Indonesia. Mari kita majukan kembali tinju di tanah Papua,” tegas pria yang akrab disapa RHP itu.

Selain itu, Bupati Mamberamo Tengah itu juga berharap PB Pertina Pusat bisa memberikan dukungan kepada Pertina Papua dalam mewujudkan target demi prestasi medali gemilang di tanah Papua.

“Kami akan memasuki pesta olahraga besar di Papua, kami siap mengawal Petinju dari 33 provinsi yang akan datang. Dan Pertina Papua menjamin seluruh kotingen seluruh Indonesia,” tutup RHP. (eri/nat)