RHP Cup I Mencari Titisan Boaz Solossa

JAYAPURA-Sebanyak 40 klub sepak bola di Papua akan saling unjuk kemampuan di turnamen RHP Cup I 2021untuk memperebutkan Piala Ricky Ham Pagawak. RHP Cup ini akan dilangsungkan selama satu bulan di lapangan sepak bola Emsyk, Waena, Kota Jayapura.

Turnamen RHP Cup ini juga untuk menyemarakan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. 

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., yang diwakili Asisten III Sekda Kota Jayapura, Amos Solossa mengapresiasi inisiatif Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak yang telah menyediakan wadah atau turnamen sepakbola di Kota Jayapura.

“Pemkot Jayapura menyampaikan apresiasi yang tinggi  sudah menyelenggarakan turnamen di Kota Jayapura. Lewat turnamen ini akan lahir bibit-bibit terbaik untuk mengganti senior yang ada di Persipura dan juga klub di Indonesia bahkan untuk Indoensia di ajang dunia,” ungkap Solossa kepada awak media  disela-sela pembukaan turnamen RHP Cup di lapangan Emsyk Waena, Jumat (7/5).

Karena masih dalam Pandemi Covid-19, Solossa berharap, setiap pemain dan penonton tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Dalam pelaksanan ini kita masih dalam suasana Covid-19, sehingga saya berharap kita semua  tetap dalam protokoler kesehatan, ingat 3M,” ujar Solossa.

Senada dengan itu, Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda juga melayangkan apresiasi kepada Bupati RHP yang sudah melaksanakan turnamen RHP Cup I untuk mengobati dahaga klub-klub sepak bola di Papua yang minim turnamen selama Covid-19 mewabah.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada bapak bupati (RHP). Tentu saat ini kita melihat klub-klub di kota dan sekitarnya banyak tapi untuk melakukan satu event itu agak sulit sekali,” ucap Yunus.

“Kita sulit mengukur kesiapan anak-anak kita. Begitu juga klub sulit mengukur anak didik mereka, sehingga dengan event seperti ini mereka bisa tuangkan hasil latihan mereka. Dan kami berharap di PON akan datang akan muncul di dunia sepak bola baik tingkat daerah nasional dan internasional,” sambung Yunus.

Yunus juga berharap, lewat RHP Cup yang panitia penyelenggara dipimpin Ortisan Solossa ini dapat menghasilkan bibit-bibit sepak bola Papua yang handal. Sehingga ke depan, pesepak bola Papua dapat menghiasi setiap klub yang ada di tanah air.

“Harapan kami kedepan, klub di Papua tidak lagi membeli pemain dari luar, tapi bagaimana orang dari luar membeli pemain-prmain di Papua. Bagaimana menjadikan Papua sebagai gudang atlet,” harapan Yunus.

Sementara itu, Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak juga berharap, melalui turnamen ini lahir Boaz Solossa baru. Mengingat Boaz kini berada di ujung karier. “Papua telah melahirkan banyak atlet di dunia sepakbola. Ada Boaz Solossa dan tidak akan sampai disini. Mari kita bina anak-anak untuk sepak bola Papua ke depan,” ujar Bupati RHP.

Bupati RHP berharap turnamen ini bisa jadi wadah para pesepakbola menunjukan kualitas bermain yang mumpuni untuk benar-benar menghasilkan kader sepak bola handal Papua. “Pertandingan ini bisa menghasilkan kader pemain terbaik untuk nama Papua dan negara Republik Indonesia. Saya juga menyampaikan terimakasih, dengan animo setiap klub sepak bola yang ikut berkompetisi,” ucap Bupati RHP.

Bupati RHP juga menyebutkan, kehadiran Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda juga menandakan bahwa pelaksanaan PON XX Papua akan berjalan baik. “Mari kita sebagai anak muda Papua di negara ini kita bisa dihargai kalau kita juga bisa menunjukan kualitas di dunia olahraga,” ucap Bupati RHP.

Bupati dua periode itu juga berharap, apa yang dilakukan ini bisa diikuti beberapa pimpinan di tanah Papua untuk menciptakan generasi emas sepak bola Papua.  “Kegiatan ini jangan dilakukan oleh RHP saja, tapi saya harap semua punya kepedulian menghadirkan generasi untuk kegiatan positif untuk mengangkat harkat dan martabat orang Papua,” pungkas Bupati RHP. (eri/nat)