Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule

JAYAPURA- Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule menyebutkan bahwa pihaknya telah mengagendakan pemeriksaan Covid-19 secara massal di lembaga pemasyarakatan di Abepura, Kota Jayapura maupun di Doyo Kabupaten Jayapura.

 Hal ini mengingat tidak sedikit pula orang yang ditampung di Lembaga Pemasyarakatan, sehingga dinilai perlu dilakukan langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam lembaga tersebut.

“Kami sudah berpikir ke situ, sehingga tinggal eksekusi di lapangan. Dengan kata lain harus memikirkan rencana yang baik untuk eksekusinya,” sebut dr. Silwanus Sumule, Senin (18/5) kemarin.

Sebelumnya, dr. Sumule juga menjelaskan bahwa sudah ada agenda dari pihaknya untuk melakukan pemeriksaan masif di tempat-tempat di mana orang yang hidup bersama dalam jumlah besar.

“Kami tiap minggu melakukan pertemuan dengan komunitas kesehatan yang meliputi dokter, organisasi profesi, sampai direktur-direktur rumah sakit. Salah satu usulannya yaitu melakukan pemeriksaan secara masif pada daerah dengan jumlah orang yang hidup bersama dalam jumlah besar,” ujarnya. 

  Lanjut dr. Sumule, bukan hanya di asrama mahasiswa/pelajar, tapi juga di tempat penampungan siswa, seperti di Rindam dan SPN, serta tempat-tempat sejenis lainnya.

“Ini sudah masuk agenda kami untuk melakukan pemeriksaan masif yang dimaksud. Yang bertanggung jawab adalah Dinas Kesehatan Provinsi Papua,” pungkasnya. (gr/ary)