Peserta OKM  Paroki Buti,  Mindiptana dan Tanah Merah saat bersama-sama melakukan   pembersihan sampah di sekitar pantau Lampu Satu Merauke, Minggu (23/6). ( FOTO : John Kilok for Ceos )

MERAUKE- Pembukaan Papua Youth Day  atau Orang Muda Katolik  Pertama se- Papua dan Papua Barat pada hari ini, Selasa (25/6) akan dimulai dengan defile dari  Patung Hati Kudus Yesus menuju Lapangan Mandala, tempat  misa pembukaan   tersebut digelar. 

‘’Besok (hari ini.red) itu,   pembukaan PYD  akan diawali defile dari Patung Hati Kudus Yesus di Bandara Mopah Merauke  menuju Lapangan Mandala,” kata  Ketua Panitia PYD I  Petrus E. Cabui, ditemui di Sekretariat  PYD I , Kompleks SMP YPPK Mikael Merauke,  Senin (24/6). 

   Para peserta PYD, lanjut   Petrus   Cabui akan  berangkat dari rumah live in  menuju  Paroki  masing-masing. Selanjutnya dari   paroki masing-masing akan dijemput seksi transportasi menuju  Patung  Hati Kudus Yesus , Bandara Mopah  Merauke.

   Selanjutnya  defile atau perarakan menuju lapangan ke Mandala.  Di Lapangan  Mandala sendiri, lanjut   Petrus  Cabui,    pembukaan PYD Pertama ini akan diawali dengan misa  pembukaan  dengan selebran  Utama Uskup Agung Merauke, Uskup Jayapura  dan Ketua Komisi  Kepemudaan Konfrensi Wali Gereja Indonesia Uskup Mgr Pius  Riana Prapdi  yang  Senin kemarin  telah tiba di Merauke. 

  “Kalau Uskup Agats   jadi  datang, maka selebrannya 4 uskup   dibantu dengan sejumlah  pastor di Keuskupan Agung Merauke maupun  sejumlah imam yang ikut  mendampingi  para peserta dari 4 keuskupan di luar Merauke,’’ jelasnya.    

   Setelah misa   pembukaan tersebut, lanjut  Petrus Cabui akan dilanjutkan dengan  kegiatan seremoni   yang  diawali dengan  penyalaan  api obor PYD I  Papua dan Papua Barat yang mana sesuai dengan tema, Nyalakanlah Api   Mudamu, Jadikanlah Tungku Api Kristus. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Bupati Merauke  Frederikus Gebze, Bupati Boven Digoel  Benediktus Tambonop, dan Bupati Mappi  Kristosimus Yohanes Agawemu  juga akan memberikan  sambutan  pada pembukaan  tersebut. 

  ‘’Karena Keuskupan  Agung Merauke ini meliputi 3 kabupaten yakni Merauke, Boven Digoel dan Mappi, sehingga ketika    kepala daerah itu kita berikan kesempatan  untuk  memberikan sambutan,’’  jelas Petrus Cabui yang akrab dipanggil pice  tersebut.  Ditambahkan setelah   pembukaan secara  seremonial tersebut,  kemudian dilanjutkan dengan berbagai  hiburan. 

  ‘’Setelah seluruh rangkaian pembukaan selesai,  maka seluruh peserta PYD  yang berjumlah sekitar 600-700 orang tersebut kemudian diantar ke  SMK Yasanto dan SD YPPK Santo  Mikael, Jalan MIsi II.    Seluruh kegiatan akan  dipusatkan di Jalan Misi  II Merauke,’’ tandasnya.   

 Sementara  itu, selama live in, para peserta   tersebut tampak melakukan  berbagai kegiatan. Seperti yang dilakukan oleh peserta PYD Keuskupan Jayapura dengan   mengunjungi ke Goa Maria Wasur dan Stasi di Rawa Biru sekaligus melakukan penanaman pohon.  Sementara OMK   Paroki Buti bersama dengan Mindiptana dan Tanah Merah melakukan  pembersihan sampah di sekitar pantai  Lampu Satu Merauke pada Minggu (23/6) seusai misa minggu dan sejumlah peserta PYD  tersebut melakukan kegiatan-kegiatan   positif lainnya. (ulo/tri)