Samuel Wamo ( FOTO: Dok Kodim 1702/ Jayawijaya )

WAMENA-Samuel Wamo, salah satu pemuda Suku Dani dari Lembah Baliem Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, dinyatakan lulus Taruna Akamil Tahun 2020 setelah melewati tahapan seleksi yang sangat ketat.

Pada saat pantukhir, Samuel Wamo dinyatakan lulus untuk mengikuti Pendidikan Militer di Akademi Militer Magelang.

Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Inf. Candra Dianto membenarkan, adanya putra asli Lembah Baliem yang dinyatakan lolos dalam seleksi Akmil Tahun 2020. Samuel Wamo yang merupakan masyarakat asli wilayah pedalaman Papua ini, merupakan anak kedua dari sembilan bersudara dari pasangan Hendrikus Wamo (ayah) dan Nance Lokobal (ibu). 

“Samuel menempuh pendidikan awal di SD Inpres Miniaput, Distrik Maim, Kabupaten Jayawijaya, lalu melanjutkan pada jenjang menengah di SMPN 2 Wamena dan selanjutnya masuk SMA YPPK Santo Thomas Wamena dengan jurusan IPA,”jelasnya. 

Sementara itu, Handrikus Wamo, ayah dari Samuel mengatakan, tentara merupakan cita-cita yang sudah tertanam di benak anaknya semenjak masih duduk di tingkat sekolah dasar. Sebagai orang tua, ia hanya mengharapkan Samuel menjadi salah satu contoh dan juga bisa menjadi motivasi untuk pemuda Lembah Baliem lainnya untuk bergabung bersama TNI guna membangun bangsa dan Tanah Air.

“Ini menjadi titik awal bangkitnya pemuda Lembah Baliem, menjadi seorang Taruna Akmil,”tandasnya.

Selaku orang tua Samuel Wamo, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jayawijaya dalam hal ini bapak bupati yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada anak muda di Wamena untuk menjadi anggota TNI, tak terkecuali Samuel Wamo  yang telah lulus dan masuk pendidikan di Akademi Militer.

” Kepada seluruh warga yang tinggal di wilayah Lapago, kami juga tak lupa ucapan terima kasih atas doanya sehingga  pada saat proses seleksi sampai pantukhir pusat   berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan hasil yang memuaskan yaitu lulus untuk mengikuti pendidikan di Akmil,” tutur Hendrikus Wamo.(jo/tho)