Todd Rivaldo Ferre (FOTO: Erik / Cepos)

Todd Rivaldo Ferre

JAYAPURA – Dalam satu dekade terakhir, nama Boaz Solossa memang masih menjadi roh tim Mutiara Hitam. Tapi di tengah prestasi Boaz, Persipura mulai mengorbitkan talenta-talenta muda seperti Todd Rivaldo Ferre, Ginansar Mandowen, Kevin Rumakiek dan Marinus Wanewar.

Tapi dari beberapa pemain muda di atas, nama Todd Rivaldo Ferre yang lebih banyak mendapatkan perhatian. Namanya mulai mencuri perhatian kala membawa Persipura U-19 menjadi kampiun juara pada tahun 2017 silam. 

Saat itu, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1 U-19 tahun 2017. Penampilan gemilangnya, pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri langsung ‘jatuh cinta’ dan meminang Todd untuk bergabung dengan Timnas U-19 pada piala AFC Tahun 2018. Ditahun yang sama, Todd Ferre berhasil promosi ke tim senior dibawah asuhan Pitter Butler.

Nama Todd Ferre kian mentereng saat membawa tim Nasional Indonesia U-22 berhasil menjadi juara Piala AFF U-22 tahun 2019, usai mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di partai final yang berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Kamboja. Kalau itu, Timnas U-22 meraih gelar juara dengan diperkuat trio asal Papua, Todd Ferre, Osvaldo Haay dan Marinus Wanewar. 

Tak hanya di tim nasional, Todd Ferre juga kini menjadi langganan tim Persipura Jayapura dalam mengarungi kompetisi Shopee Liga 1. Berkat penampilan memukau bersama Persipura, pemain berusia 21 tahun itu didapuk menjadi pemain muda terbaik Liga 1 2019.

Tapi sebelum menjadi bintang lapangan hijau, banyak yang tidak tahu cikal bakal munculnya pemain kelahiran Sentani, Kabupaten Jayapura itu. Dalam kariernya, Todd Ferre sempat terlebih dahulu menjadi pemain futsal. Todd Ferre juga sempat menghiasi Liga Futsal Nusantara 2017 silam.

Bak buah jatuh tak jauh dari pohonnya, bakat alami yang dimiliki oleh Todd Ferre ternyata tak lepas dari sang ayah yang merupakan mantan pemain Persidafon. Selepas gantung sepatu, ayah Todd lantas membuka SSB bernama Immanuel di daerah sentani, disitulah Todd mengasah keterampilannya mengolah si kulit bundar.

Bakat yang dimiliki Todd Ferre tak hanya diakui oleh para pencinta sepakbola tanah air. Mantan pelatih kiper Liverpool (Alison Becker), Gerson Rios yang kini menjadi pelatih kiper Persipura juga dibuat takjub dengan bakat yang dimiliki oleh pemain mungil nan lincah itu.

Tak tanggung-tanggung, pelatih yang pernah mengulangi kiper timnas Brasil kelompok umur itu menilai jika gaya bermain Todd Ferre memiliki kesamaan dengan bomber Bayern Minich (Pinjaman Barcelona), Philippe Coutinho.

“Saya sangat yakin, dia (Todd Ferre) memiliki kesamaan dengan permainan bergaya Philippe Coutinho. Todd itu adalah pemain yang sangat menarik,” ungkap Gerson Rios kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa (5/5) siang kemarin.

Tak hanya itu, Gerson kembali melayangkan pujian untuk pemain mungil itu. Menurutnya, Todd Ferre juga dinilai menganut aliran sepakbola ala Brasil. “Dia adalah pria muda yang menjanjikan di sepakbola Indonesia, keterampilannya menyerupai pemain Brasil,” ujarnya.(eri/gin)