Anggota Polres Merauke  saat  memasang masker kepada salah satu warga yang  terjaring tidak gunakan  masker, kemarin. (FOTO: Sulo/Cepos)


MERAUKE-Kesadaran  masyarakat  untuk  menggunakan masker  saat keluar rumah   terus  membaik. Ini terbukti  dari  justisi  masker yang digelar  Polres Merauke di depan Mapolres   Merauke,  Kamis (1/10).  Dari razia  yang  dipimpin langsung   Kabag Ops  AKP Erol Sudrajad, S.Sos, M.Si tersebut,  hanya  puluhan  orang yang terjaring  karena tidak menggunakan masker. 

   Kapolres Merauke AKBP Agustinus Ary Purwanto, SIK melalui Kabag Ops AKP Erol Sudrajad, S.Sos, M.Si  mengungkapkan  bahwa  pelaksanaan  operasi justisi ini adalah sebagai bentuk pendisiplinan kepada warga Merauke agar taat pempedomani protokol kesehatan (prokes) dengan menerapkan 3M dan 1 K, yakni menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan  hindari kerumunan. 

   Ia memperkirakan, jumlah yang     terjaring   tidak mengunakan masker kali   ini   hanya puluhan  orang saja. Dibandingkan   dengan   operasi justisi  sebelumnya, masih   mencapai tusan orang.   Kepada warga yang  terjaring  tidak menggunakan  masker tersebut, Kabag Ops  mengingatkan  untuk   tertib menggunakan masker ketika keluar rumah. Karena  sampai    saat  ini,  pasien  yang  masih menjalani perawatan  Covid-19   di RSUD Merauke  sampai  pada  Kamis (1/10) sebanyak 21 orang.

   ‘’Ini  menandakan   bahwa virus   tersebut masih ada di  tengah-tengah kita, sehingga kita wajib  menggunakan  masker untuk melindungi  diri  dan  keluarga  kita serta orang  yang ada di sekitar  kita,’’  pungkasnya. (ulo/tri)