Pemain Persipura saat berduel dengan pemain PSM Makassar pada babak penyisihan grup C Piala Presiden di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (10/3).( FOTO : Angger Bondan / Jawa Pos)

JAYAPURA-Penampilan pemain Persipura dalam mengikuti kompetisi Piala Presiden 2019 mendapat pujian dari masyarakat Papua. Termasuk mantan pemain Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam juga melayangkan pujian atas penampilan Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Saat ini, Persipura masih memuncaki klasemen grup C dengan nilai 6 dari dua hasil kemenangan, 3-1 dari PSIS Semarang dan 1-0 atas PSM Makassar. Persipura akan menghadapi Kalteng Putra pada babak pamungkas grup C pada 16 Maret nanti.

“Jadi saya memang melihat tim ini dalam dua kali pertandingan bisa meraih kemenangan, kita bisa melihat permainan mereka sudah mulai kembali seperti dulu,” ungkap Eduard kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di lapangan sepak bola Tunas Muda Hamadi, Selasa (12/3) kemarin.

Namun pria yang juga menukangi sepak bola PON Papua ini menilai, terlalu dini menilai jika tim kebanggaan masyarakat Papua itu sudah kembali pada karakter aslinya. Sebab, ia mengatakan, dua tim yang dikalahkan Persipura bukan merupakan ujian yang sesungguhnya.

“Memang kita berhasil meraih dua kemenangan, tapi secara permainan belum terlampau hebat, karena mungkin nanti kita akan lihat kedepan lawan tim-tim yang lebih siap. Karena PSM kemarin tidak memainkan pemain inti sehingga ini bukan menjadi sebuah cobaan bagi Persipura,” ujarnya.

Kendati demikian, Eduard berharap tim yang sudah membesarkan namanya itu dapat terus konsisten dalam mengarungi Piala Presiden dan Liga 1 2019 mendatang.

“Kita berharap, kedepan saat menghadapi tim yang lebih baik bisa turunkan starter yang bagus untuk hadapi kompetisi. Disinilah kita akan diuji, tapi saya liat kita ada prospek yang lebih baik dari tahun kemarin,” jelasnya.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada para leguin asing yang dimiliki oleh tim berjuluk Mutiara Hitam itu. Eduard menilai jika pemain asing mereka bisa membantu Persipura dalam mengarungi kompetisi sepak bola tanah air.(eri/tho)