Thiago Amaral ( FOTO: Erik / Cepos)

Persipura Jayapura

PSSI Jangan Buru-buru Hentikan Kompetisi 

JAYAPURA – Gelandang asing Persipura Jayapura, Thiago Amaral berharap PSSI dan PT LIB tidak tergesa-gesa dalam mengambil kebijakan mengenai pemberhentian kompetisi Liga 1 2020 secara permanen. PSSI memang masih menunggu status pemerintah dalam penanganan wabah corona hingga 29 Mei 2019. 

Jika masa darurat Covid-19 diperpanjang, maka kompetisi akan dihentikan. Sebaliknya, jika tidak maka PSSI akan memerintahkan PT LIB menggelar kembali kompetisi baik itu Liga 1 atau 2 pada awal Juli 2020.

“Menurut pendapat saya, PSSI harus memikirkan semua orang, tentang pemain lokal dan pemain asing. Sepakbola adalah pekerjaan utama dan memberi makan keluarga,” ungkap Thiago kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Jumat (8/5) siang kemarin.

Pemain berpaspor Brasil itu menyebutkan, bila wabah Covid-19 belum mereda hingga batas waktu 29 Mei. Menurutnya, PSSI bisa menunggu hingga bulan September/Oktober dan melaksanakan kompetisi hingga tahun 2021.

“Mereka harus berhasil melanjutkan liga, mengapa tidak melihat apa yang dilakukan Thailand dan liga lain, mengadopsi kalender yang berbeda dan memasuki tahun 2021,” ujarnya.

“Misalnya mulai pada bulan September dan berakhir Mei 2021. Kita bisa menunggu situasi Covid-19 ini benar-benar hilang baru kita memaksakan kompetisi,” sambungnya.

Diketahui, Liga 1 Thailand sendiri juga telah menangguhkan kompetisi Liga 1 dan merubah jadwal kompetisi mulai bulan September 2020 hingga Mdi 2021.

Sambil menunggu putusan resmi PSSI, mantan pemain Barito Putera itu tetap berada di Kota Jayapura melakukan latihan mandiri. “Saya masih di Jayapura sambil menunggu kepastian,” tandasnya. (eri/gin).