Ketua Panitia Penyusunan Borang 4.0 Prodi Pendidikan Biologi FKIP Uncen, Dr. Alfred Antoh, M.Si, saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Kristian Sohilait, S.T, M.Si, usai membawakan materi dalam kegiatan penyusunan Borang 4.0 Prodi Pendidikan Biologi FKIP Uncen di Aula FKIP Uncen, Senin (24/2) kemarin. (FOTO: Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih (Uncen) melakukan Asistensi Penyusunan Borang 4.0 dalam rangka proses akreditasi Prodi Pendidikan Biologi pada tahun 2020 ini.

 Penyusunan Borang 4.0 ini menghadiri para pemateri, yaitu Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Kristian Sohilait, S.T, M.Si, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Cenderawasih, Prof. Dr. H. Lumbantobing, M.Si, dan sejumlah staf dosen yang ada di lingkungan FKIP dan di lingkungan Universitas Cenderawasih serta para mahasiswa dari Prodi Pendidikan Biologi.

 Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Kristian Sohilait, S.T, M.Si mengatakan, kehadirannya adalah untuk membawakan materi tentang kebijakan yang akan dilakukan Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip daerah Provinsi Papua kedepan. 

 “Saya membawakan materi tentang kebijakan yang akan dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Papua tentang pendidikan di Papua, sehingga nanti dalam penyusunan Borang 4.0 Prodi Biologi FKIP Uncen ini bisa melihat mana yang harus menjadi prioritas dalam mendukung pendidikan di Papua kedepan,” katanya kepada wartawan di FKIP Uncen, Senin (24/2).

 Sementara itu, Ketua Panitia Penyusunan Borang 4.0 Prodi Pendidikan Biologi FKIP Uncen, Dr. Alfred Antoh, M.Si mengatakan, dalam Borang 4.0 ini ada 9 kriteria yang akan dibahas. Salah satu dari 9 kriteria ini adalah bagaimana mengevaluasi autcome yang sudah dihasilkan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Uncen ini bisa cepat mengajar dan tidak lama menganggur.

 “Ini merupakan bagian dari kita mengevaluasi sejauh mana apa yang sudah kita lakukan dalam menghasilkan guru-guru yang terserap di dunia pendidikan di Papua,” katanya.

 Antoh mengatakan, pihaknya di Prodi Pendidikan Biologi ini dalam waktu 10 tahun berturut-turut ini mendapatkan akreditas B. Oleh karena itu, dalam tahun ini pihaknya akan target untuk mendapatkan akreditasi unggul, yaitu akreditasi A.

 “Target kami mau mencapai unggul. Unggul itu setara dengan A. Sekarang itu akreditasi terbagi menjadi tiga, yaitu unggul itu A, sangat baik itu B, dan baik itu C. Sehingga kami di Pendidikan Biologi mendorong ke unggul atau A,” ujarnya. (bet/wen)