Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, memberikan keterangan kepada Cenderawasih Pos di Korem 172/PWY di Padang Bulan Distrik Heram Kota Jayapura, Senin (22/6) kemarin. ( FOTO: Yewen/Cepos)

Bincang-Bincang Dengan Komandan Korem 172/PWY, Brigjen TNI Isak Pangemanan

Brigjen TNI Isak Pangemanan merupakan jenderal bintang satu pertama yang menjawab sebagai Komandan Korem 172/PWY yang bermarkas di Kota Jayapura Provinsi Papua. Seperti apa aja saja tugas yang akan dilakukan kedepan? 

Laporan: Roberth Yewen_Jayapura

Komando Resor Militer (Korem) 172/ Praja Wira Yathi (PWY) telah dinaikan status dari tipe B menjadi tipe A oleh Panglima TNI melalui Kepala Staf Angkatan Darah (KSDA). Oleh karena itu, Komandan Korem yang dahulunya dipimpin oleh perwira TNI berpangkat Kolonel, kini dengan perubahan status, maka Korem 172/PWY kini dipimpin oleh perwira tinggu TNI berpangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.

 Kenaikan status berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Korem dari tipe B ke tipe A yang ditandatangani oleh Presiden RI pada tanggal 11 September 2019 dan diserahkan ke Mabes TNI.

 Jenderal bintang satu ini mengatakan, Korem 172/PWY ini sebelumnya dipimpin oleh seorang perwira berpangkat Kolonel. Kini dengan perubahan status Korem menjadi tipe A, maka untuk saat ini dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.

 Tentunya dengan kenaikan status Korem 172/PWY, maka dengan sendirinya akan menaikan pangkat dari Kasrem dan Kasi-Kasi yang ada di Korem 172/PWY menjadi perwira berpangkat Kolonel. Hal ini tentu sedang dilakukan penentuan oleh Mabes TNI AD tentang siapa-siapa yang akan menduduki jabatan Kasi-Kasi di Korem ini. 

“Memang masih menunggu diisi, karena Mabes TNI AD masih menentukan siapa-siapa perwira berpangkat Kolonel yang akan masuk mengisi jabatan di Korem,” kata jenderal kelahiran Manado-Sulawesi Utara 6 Maret 1969 ini kepada cenderawasih pos di Korem 172/PWY di Padang Bulan Distrik Heram Kota Jayapura, Senin (22/6).

 Sementara itu, untuk penyesuaian jabatan Dandim sendiri, kata mantan Danrindam XVII/Cenderawasih ini bahwa untuk Dandim 1701/Jayapura sudah dinaikan status, sehingga yang menjabat kini adalah perwira berpangkat Kolonel. Untuk Dandim-Dandim yang lain sendiri masih tetap seperti biasa, yaitu dijabat oleh perwira berpangkat Letkol. 

 Tidak hanya itu, ada beberapa daerah yang akan dibentuk Kodim di Papua. Adapun Kodim-Kodim yang akan dibentuk, yaitu Kodim Pegunungan Bintang, Kodim Nduga, Kodim Tolikara, Kodim Nduga, Kodim Lanny Jaya, Kodim Mamberamo Raya, dan Kodim Yalimo.

“Inilah beberapat tempat atau daerah yang akan dilakukan pembentukan Kodim yang baru di Papua,” kata lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990 ini.

 Pangemanan mengatakan, dengan kenaikan status Korem dan penambahan Kodim di Papua tentu akan ada penambahan anggota sesuai dengan kebutuhan. Tentu semua ini merupakan bagian dari meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

 Untuk program kerja yang akan dilakukan sendiri, Pangemanan mengatakan, program yang menjadi prioritas dirinya selaku Danrem 172/PWY adalah bagaimana konflik di Papua ini bisa diselesaikan. Minimal apa yang yang sudah dilakukan oleh pimpinan sebelumnya akan dilanjutkan dan ditingkatkan kedepannya.

“Mungkin apa yang perlu dibenahi akan saya benahi, sehingga apa yang diharapkan oleh pimpinan, terutama konflik di Papua ini bisa diselesaikan secara tuntas bisa kita laksanakan,” ujarnya. (*/wen)