Suasana pendaftaran dan verifikasi berkas secara online di SMA Negeri 1 Biak Kota pada hari pertama PPDB, Senin (22/6). ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara serentak mulai dibuka di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Biak Numfor, Senin (22/6) kemarin. Sejumlah sekolah yang ada di wilayah kota telah menggunakan sistem pendaftaran online, untuk sekolah-sekolah luar kota hampir semuanya masih tetap menggunakan pendaftaran ofline. 

   Sekolah—sekolah unggulan hampir semuanya menerapkan sistem online, misalnya saja SMA Negeri 1 Biak Kota, SMPN 1 Biak Kota, SMPN 2 Biak Kota, SMAN 3 Biak Kota dan sejumlah sekolah-sekolah lainnya termasuk di sekolah-sekolah swasta juga ada menggunakan sistem pendaftaran online. 

   Semua sekolah juga diwajibkan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru. Misalnya saja wajib menggunakan masker dan tetap mengatur jarak serta sejumlah hal-hal lainnya. 

   “Semua sekolah wajib mamatuhi protokol pencegahan Covid-19 di PPDB, tentunya ini penting sebagai bagian dari upaya pencegahan. Bahkan ada sejumlah sekolah yang telah menerapkan penerimaan sistem online, dan itu rata-rata di wilayah kota,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan SMP Kabupaten Biak Numfor, Mesak Mandowen, S.Pd.,MPd kepada Cenderawasih Pos saat ditemui ketika memantau langsung penerimaan siswa baru di SMA Negeri 1 Biak Kota, Senin (22/6) kemarin. 

    Di penerimaan tahun ajaran 2020/2021, sekolah-sekolah juga kembali diminta supaya memperhatikan zona dalam penerimaan siswa baru. Hal itu dinilai penting supaya tidak ada sekolah yang terlalu menumpuk pendaftarnya karena factor sekolah favorit, misalnya saja di SMA Negeri 1 Biak Kota di wilayah Kota Biak. (itb/tri)