Kepala Rumah Sakit Bantuan 17.08.02 Merauke Denkesyah 17.05.03 Merauke Letda CKM dr. Michael Timothy saat berbincang-bincang dengan   prajurit lainnya di Posko Siaga Penanggulangan Covid-19, kemarin.  ( FOTO: Sulo/Cepos )

MERAUKE-Untuk memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat yang  mengalami  gejala   terkena  virus Corona,   Korem 174/ATW melalui   Denbekang  Merauke  dan Denkesyah Korem   174/ATW   telah  membuat  posko  yang diberi nama  posko siaga penanggulangan Covid-19. 

  Posko siaga   ini didirikan di  Mako Denbekang XVII-44-04 Merauke,  yang terletak di  belakang Kantor  Kelurahan Maro,  Merauke.  Wadan   Denbekang XVII-44-04 Merauke Mayor CBA  Philips Y. Hutapea  mengungkapkan, bahwa  penderian posko  ini merupakan perintah  langsung dari komando atas    

   Tujuannya dari pembangunan posko siaga ini adalah untuk sebisa mungkin dapat membantu masyarakit  jika  ada gejala-gejala yang sudah   terjadi atau terjangkit. “Jadi tujuan  pendirian posko ini  adalah  untuk kita sebisa mungkin dapat membantu  masyarakat jika ada gejala-gejala   yang sudah  terjadi atau terjangkit di sekitar kita ini. Sehingga kita buat posko siaga sebagai  transit sementara, sehingga Corona tersebut  atau  virus tersebut tidak terjangkit kepada masyarakat sekitar,” katanya ketika ditemui media ini, Senin (16/3).  

   Artinya masyarakat yang dicurigai tersebut bisa secepat mungkin di isolasi. Dikatakan,  di posko  siaga ini  disiapkan  dokter dari Denkesyah  Korem 174/ATW kemudian dilengkapi  dengan ambulans dan perlengkapan medis lainnya, termasuk  tempat tidur di dalamnya serta  obat   dan peralatan  kesehatan lainnya.  Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Bantuan 17.08.02 Merauke Denkesyah 17.05.03 Merauke Letda CKM dr. Michael Timothy menjelaskan  untuk   penanganan pasien yang  datang ke posko siaga  tersebut akan tergantung  keluhannya nanti. 

  “Kalau misalnya  ada sesak napas, mungkin kita akan berikan oksigen atau kalau  misalnya kekurangan cairan  maka kita akan berikan infus dengan    cairan yang cukup.  Tapi misalnya,    kondisinya tidak  bisa dirawat di posko  siaga kita  maka kita akan merujuk langsung  ke  RSUD Merauke sebagai rumah sakit  rujukan di Papua Selatan.  (ulo/tri)