JAYAPURA,- Tim Galanita Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, akan berhadapan dengan Tim Liga I Persipura Tolikara dalam partai final turnamen Ibu Gubernur Cup yang akan dilaksanakan pada Sabtu (19/6)mendatang di lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih, Waena, partai final tersebut akan disaksilan oleh petinggi KONI Papua, PB PON serta, Bupati Mamberamo Tenggah, Ricky Ham Pagawak.

Tim PON Papua lolos ke final, setelah mengalahkan Mapodadi FC dengan, sementara Persipura Tolikara mengalahkan Persidafon FC dipartai semifinal di lapangan sepakbola Yonif 751 Raider Sentani, Kabupaten Jayapura.

 Turnamen Ibu Gubernur Cup sendiri dilangsungkan selama kurang lebih dua minggu, yang diikuti oleh delapan tim lokal sepakbola wanita yang ada di Jayapura dan sekitarnya.

Ketua Panitia Ibu Gubernur Cup  Anis Kogoya mengatakan kepada wartawa di Jayapura, Rabu  (16/6), tujuan dilakukannya turnamen ini agar tim Galanita PON Papua dapat memiliki lawan tanding dengan tim sepakbola wanita di Papua, sebab selama ini mereka sering melakukan uji coba dengan tim sepakbola pria usia remaja.

“Selama  kurang lebih dua tahun ini kami tim PON Papua Hanya selalu dicoba dengan laki-laki usia 16 tahun sampai dan Utama Bank Papua,  Terima kasih banyak Bank Papua  yang selalu bersama-sama,   tujuan kami adalah tim sepakbola  perempuan main dengan perempuan,” ujarnya.

Kogoya yang juga Asisten pelatih Pon Papua  mengharapkan dukungan seluruh perempuan Tanah Papua bagi Galanita PON Papua,  Karena Gubernur  Papua Lukas Enembe menginkan medali emas bagi Galanita PON Papua.

 ” Pak Gubernur maunya sepak bola bola kaki putra dan putri dan futsal harus menyumbang medali emas, karena saya selalu punya komitmen untuk mendapatkan hasil terbaik,” kata Kogoya

Ia berharap kedepannya kompetisi seperti ini bisa sering dilakukan,  agar bakat- bakat pemain sepakbola wanita di Papua bisa bermunculan. 

” Sebagai ketua panitia,  saya lihat banyak  pemain yang bagus dan dan kedepannya  turnamen untuk tim Putri Tanah  Papua harus perlu ditingkatkan,  terima kasih banyak kepada Koni Papua yang mendukung dalam turnamen ini bantuan dana sehingga kami bisa jalan sampai dengan partai final,”Pungkasnya.(eri/gin)