Salmon Kareth ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru), PLN pastikan kesiapan jaringan kelistrikan di area Jayapura dan daya mampu yang tersedia dipastikan aman. Bahkan daya kelistrikan di Jayapura masih surplus jika dikurangi dengan beban puncak.

 Manager PLN Unit Pelaksanakan Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura, Salmon Kareth menjelaskan,  menyambut Nataru, berbagai upaya telah pihaknya lakukan seperti halnya memeriksa jaringan kelistrikan, bahkan menyiapkan posko-posko selama Nataru.

“Pada dasarnya kami telah menyiapkan diri menyambut Nataru, yang mana setiap ada perayaan hari keagamaan maupun hari besar lainnya, menjaga kehandalan sistem kelistrikan merupakan kewajiban yang harus kami lakukan,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (14/12) kemarin.

 Diakuinya, mempersiapkan kehandalan sistem kelistrikan di Jayapura, juga sudah diatur dalam KSOP PLN guna menjaga kehandalan sistem kelistikan di Kab/Kota Jayapura dan area lainnya.

 Pihaknya ingin memberikan kepastian dan rasa aman bagi para pelanggan maupun semua stakeholder, khususnya umat Nasrani yang melakukan kegiatan Natal. 

 “Upaya yang kami lakukan adalah melakukan perbaikan layanan sistem kelistrikan untuk menjaga kehandalan kelistrikan di Area Jayapura dan juga untuk memaksimalkan daya mampu yang saat ini kita miliki masih dalam kategori aman,” tambahnya.

 Lanjutnya, untuk saat ini daya mampu PLN Area Jayapura sebesar 104 MW dan masih ada  mesin-mesin pembangkit yang dalam tahap pemeliharaan. Sementara untuk beban puncak saat ini dikisaran 68- 70 MW.

 “Saat ini pada dasarnya dari kondisi daya mampu masih sangat terpenuhi untuk menjawab kebutuhan masyarakat di Jayapura. Sementara untuk beban puncak yang kisaran 70 MW, maka kami masih surplus 30 MW,”tandasnya.

 Khusus menyambut Nataru,  pihaknya juga telah menyiapkan 150 personel, bahkan lebih yang memang khusus disiapkan untuk mengerjakan tugas di lapangan pada saat momen Nataru, yang mana personel ini pihaknya siapkan pada posko – posko yang sudah dibentuk.

“10 Desember – 10 Januar 2021, tim ini kami siapkan khusus untuk menjaga kehandalan kelistrikan selama Natal maupun untuk semua pelanggan dalam menyambut Tahun Baru,” tambahnya. (ana/ary)