TERGELINCIR: Kondisi pesawat pengangkut BBM subsidi yang tergelincir di Bandara Karubaga, Kabupaten Jayapura, Selasa (9/6). ( FOTO: Humas Polda Papua for Cepos)

JAYAPURA-Pesawat Pelita Air dengan Nomor registrasi PK – PAG pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM), yang dipilot warga negara asing New Zealand bernama Anderson Matthew James tergelincir di Bandara Karubaga, Kabupaten Tolikara, Selasa (9/6).

Insiden tersebut membuat pilot yang berusia 49 tahun itu dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karubaga. Menurut informasi, pilot mengalami trauma. 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, dalam insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa. Pilot Anderson Matthew James menurutnya telah dievakuasi ke RSUD Karubaga untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis.”Sedang diselidiki penyebab tergelincirnya pesawat,” ucap Kamal.

Kamal menerangkan, tergelincirnya  pesawat pengangkut BBM subsidi itu bermula saat pesawat akan melakukan pendaratan atau landing. Saat itu, pesawat mengalami crash landing, sehingga ban pesawat tergelincir dan menabrak pagar landasan pacu Bandara  Karubaga.

“Pesawat saat itu sedang mengangkut BBM subsidi jenis solar sebanyak 3 ton. Untuk saat ini telah dipindahkan pada mobil truck pengangkut BBM,” ungkapnya.

Sementara itu, secara terpisah Kapolres Tolikara, AKBP. Leonard Akobiarek menyampaikan, pesawat tersebut hanya mengangkut BBM tanpa kursi penumpang dan pilot tunggal. 

“Aktivitas di bandara tidak terganggu dengan adanya insiden itu. Karena saat ini tidak ada aktivitas di bandara kecuali pendistribusian Bama atau kebutuhan untuk masyarakat,” ucapnya melalui telepon selulernya, kemarin. 

Pesawat sendiri lanjut Kapolres Leonard Akobiarek sudah dievakuasi, sedang pilot mengalami trauma. “Sementara dilakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebabnya,” tutupnya. (fia/nat)