Pengunjung di Studio XXI Mal Jayapura saat mengantri untuk menonton film baru-baru ini. ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., mengakui, saat ini pertumbuhan ekonomi di Kota Jayapura sudah semakin meningkat dibandingkan tahun 2020. Terutama semenjak angka penyebaran Covid-19 turun.

 Selain itu, pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah pusat juga telah dilakukan di Kota Jayapura melalui pelonggaran aktivitas masyarakat maupun pelaku usaha.

 Adanya tender proyek yang sudah berjalan mendorong perputaran uang semakin lancar dan dirasakan masyarakat.

 “Pemulihan ekonomi sudah terasa di Kota Jayapura. Bahkan pertumbuhan ekonomi kini terus berjalan, setelah sebelumnya pada tahun 2020 diterpa pandemi Covid-19 yang begitu hebat hingga dilakukan lockdown maupun pembatasan aktivitas, tapi kini sudah mulai berjalan normal dan saya harap masyarakat maupun pelaku usaha tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan,’’ungkapnya, Jumat (4/6)kemarin.

   Diakui, pasca lebaran memang ada masyarakat yang sudah kembali lagi ke Kota Jayapura. Ada yang lewat jalur udara maupun laut.  Namun untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang kini semakin tinggi di Pulau Jawa, Satgas Covid-19 telah melakukan pengawasan bagi masyarakat yang baru tiba di Pelabuhan Jayapura, dengan melakukan rapid antigen khususnya bagi penumpang yang datang dari luar Papua. (dil/ary)