Pengisian Bahan Bakar Avtur pada pesawat di Bandara Sentani, belum lama ini. (FOTO:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Terkait dengan kondisi pencegahan Covid-19 yang mengakibatkan ditutupnya sementara aktivitas penerbangan di Bandara Sentani, berdampak pada turunnya konsumsi BBM jenis Avtur.

 Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Edi Mangun, dengan penutupan aktivitas bagi para penumpang di Bandara Sentani , satu sisi dapat menjamin ketersediaan stok BBM jenis Avtur di Jayapura.

 “Konsumsi avtur turun 50 persen dari rata-rata konsumsi biasanya, namun demikian kami pastikan kebutuhan BBM jenis Avtur tetap dalam kondisi aman. Dimana aktivitas bandara hanya ditutup sementara untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Edi kepada Cenderawasih Pos, Rabu (8/4) kemarin.

 Lanjutnya, bukan hanya Avtur saja,  pihaknya juga memastikan ketersediaan BBM untuk kebutuhan Pertalite, Pertamax dan sebagainya stok dalam kondisi aman terkendali,  sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

 Diakuinya, mengacu pada stok aman per hari nasional yakni 24 hari, ketersediaan stok BBM di Jayapura dalam kondisi aman. Sebelumnya pihaknya juga telah menjelaskan bahwa untuk konsumsi BBM jenis Pertamax, Pertalite dan sebagainya juga mengalami penurunan.

 “Penurunan konsumsi tersebut dikarenakan kurangnya aktivitas masyarakat, guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona,”ujarnya.(ana/ary)