Melihat Pantai Pasir Putih 3 Hotelkamp yang Kini jadi Destinasi Wisata Baru

Tak hanya Pantai Hamadi dan Pantai Holtekamp yang diminati warga masyarakat sebagai tempat wisata. Kini Pantai Pasir Putih Holtekamp yang saat ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat di Kota Jayapura.

Warga tengah menikmati Pantai Pasir Putih 3 Holtekamp Distrik Muara Tami Kota Jayapura, pekan lalu. ( FOTO: Yewen/Cepos)

Laporan: Roberthus Yewen

Teluk Youtefa teryata tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, tetapi juga mempunyai lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dan dinikmati oleh seluruh warga masyarakat. Tak hanya Pantai Holtekamp yang terkenal, tetapi ada juga Pantai Pasir Putih 3 yang berada tak jauh dari lokasi wisata di Teluk Youtefa.

Pantai Pasir Putih 3 ini berada tepat di belakang PLTU Holtekamp. Warga masyarakat bisa dengan mudah ke sana. Untuk sampai di sana kita perlu melewati jalan di sebelah PLTU, melewati sedikit jalan hamparan batu.

Setiap kendaraan, baik sepeda motor, mobil yang ingin memasuki kawasan wisata Pasir Putih 3 Holtekamp harus membayar uang kendaraan. Untuk sepeda motor 20.000,- dan mobil 50.000,-. Jika warga ingin menggunakan pondok, maka harga pondok berkisar 50.000,- sampai dengan 100.000,-.

Pantai Pasir Putih 3 Holtekamp ini berada di dalam tanjung. Disamping-sampingnya terdapat batu karang. Tak hanya itu, pasirnya terlihat begitu putih. Di pinggir pantai terdapat puluhan pohon kelapa yang menjulang tinggi ke langit. Selain itu, ada juga terdapat beberapa pohon ketapang hutan di sekitarnya.

“Saya baru pertama kali ke sini, lokasinya bagus dan pasirnya putih sekali,” kata Yusup Pantu, salah satu pengunjung yang terlihat bersama rekan-rekannya sedang bakar-bakar ikan di pinggir pantai.

Suasana di Pasir Putih 3 Holtekamp ini terlihat sangat ramai pengunjungnya. Terutama pada hari libur, seperti hari Sabtu dan Minggu. Warga memanfaatkan hari libur untuk berkumpul dan mandi bersama-sama keluarga di partai.

Anak-anak terlihat begitu bersemangat menikmati pasir putih. Ada juga ayunan yang terikat dengan pohon kelapa dan berada di pinggir pantai, sehingga warga bisa bermain sambil langsung melompat ke dalam air laut.

Beberapa orang tua terlihat ikut mengawasi anak-anak mereka yang bermain di pinggir pantai. Ada juga yang membawa anaknya mandi di dalam air laut. Ada juga yang mengabadikan momen dengan melakukan foto selfie di pinggir pantai secara bergantian.

“Pantainya bagus, karena pasirnya putih. Pokoknya pantainya sangat indah,” ucap Fransina, salah satu pengunjung yang sedang bersama-sama teman-temannya melakukan foto bersama di pinggir pantai.

Sementara salah satu warga Irfan yang ditemui juga mengku bahwa lokasi pantai pasir putih  Holtekamp berbeda dari pantai sisi sebelahnya, sebab di bagian lain pasir di Holtekamp agak hitam tapi di sini pasirnya putih dan lembut. “ Terus terang, saya baru kali ini kesini karena diceritakan teman, dan saya langsung jatuh hati, suasananya asri dan belum banyak warga yang ke sini,” katanya.

Ketika hari sudah mulai sore para pemilik lokasi wisata akan menyapu sampah yang ditinggalkan oleh para pengunjung. Mulai dari sampah plastik, tisue, dan jenis sampah lainnya. Hal ini untuk tetap menjaga kebersihan di lokasi wisata tersebut.

Diharapkan kedepan Pantai Pasir Putih 3 Holtekamp ini, menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi warga masyarakat di Kota Jayapura. Oleh karena itu, perlu penataan dan pembenahan, terutama jalan masuk ke areal lokasi wisata perlu diperhatikan oleh Pemeirntah Kota Jayapura. (*/wen)