AFC Cup

JAYAPURA – Fase grup H Piala AFC rencananya mulai digelar pada 29 Juni dengan mempertemukan Persipura Jayapura dengan wakil Malaysia, Kedah Darul Aman. Sayangnya, Singapura yang ditunjuk sebagai tuan rumah Piala AFC untuk grup H dan I mengajukan pengunduran diri, menyusul angka Covid-19 di Negeri Singa itu terus melonjak dalam beberapa pekan terakhir.

Meski telah mengajukan, namun AFC hingga saat ini belum memberikan kepastian terkait usulan permintaan Singapura tersebut. Bahkan AFC juga belum memutuskan apakah pertandingan tetap dilangsungkan sesuai jadwal atau ada perubahan jadwal maupun venue pertandingan untuk grup H dan I Piala AFC 2021.

Sehingga hal itu tentu membuat para kontestan Piala AFC, khususnya grup H dan I merasa risau. Mereka tidak tahu pasti apakah pertandingan mereka tetap dilaksanakan sesuai jadwal atau atau mundur. Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago menjadi salah satu pelatih yang masih menanti kepastian dari AFC.

Menurut Jacksen, harusnya AFC memberikan kepastian agar mereka dapat menyiapkan program latihan timnya dengan baik. Pelatih asal Brasil itu juga mengaku jika perubahan jadwal nantinya juga akan berdampak besar terhadap persiapan mereka.


“Pasti sangat mengganggu, sama dengan Liga Indonesia, kalau mereka mengubah jadwal, pasti sangat mengganggu, salah satu alasan kita harus ke Batu ya untuk melakukan pemusatan latihan. Karena bisa saja tiba-tiba jadwal keluar,”


“Fokus kita pasti terpecah, tapi bagaimanapun juga kita tetap melakukan persiapan kita secara rutin tapi sudah jelas itu mengganggu. Tapi apapun yang kita rencanakan itu harus dirubah lagi,”

Soal kesiapan timnya sejauh ini, pelatih berusia 53 tahun itu menuturkan jika proses perkembangan anak asuhnya sangat berjalan baik dari hari ke hari. Ia mengaku puas dengan perkembangan yang selalu ditunjukan oleh setiap pemainnya.


“Perkembangan cukup baik, meski dalam pertandingan dengan Persita kita kalah 3-1, tapi banyak perkembangan dari aspek taktikal. Fungsi masing-masing pemain sudah mulai ada. Memang kita kebobolan beberapa gol, tapi dari aspek pemahaman taktikal, fisik, maupun apa yang kita inginkan dalam pertandingan mereka sudah menunjukan hal yang baik,”

Sementara itu, Manajer Persipura Jayapura, Arvydas Ridwan Madubun alias Bento Madubun menambahkan, bahwa manajemen Persipura Jayapura terus membangun komunikasi dengan pihak AFC maupun PSSI terkait dengan nasib grup H Piala AFC.


“AFC sampai saat ini kita belum dapat perkembangan, komunikasi terus kita lakukan dengan federasi, belum ada perkembangan dari AFC ke Federasi juga, jadi kita tetap melakukan persiapan,” jelas mantan jurnalis itu.


“Sebanrnya kemarin tim sempat kita mau liburkan dulu, tapi kita pikir karena belum ada informasi pasti dari AFC dan PSSI jangan sampai tiba-tiba mendadak dan akhirnya kita batalkan dan tim akan kembali ke Batu untuk menjalani persiapan sambil menunggu informasi dari AFC maupun PSSI,”