BINCANG-BINCANG: Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano saat berbincang-bincang dengan mantan Pelatih Persipura Lucinao Leandro beberapa waktu yang lalu. ( FOTO : Erik / Cepos)

Lydio Pelatih Sementara

JAYAPURA-Manajemen Persipura Jayapura secara resmi tak melanjutkan kerja samanya dengan Pelatih Kepala, Luciano Gomes Leandro. 

Keputusan ini tidak terlepas dari kondisi tim Mutiara Hitam julukan Persipura yang masih tertatih-tahi di awal kompetisi Shopee Liga 1 2019. 

Dari lima laga yang sudah dilakoni tim berjuluk Mutiara Hitam itu belum mampu meraih kemenangan, hanya tiga kali seri dan dua kali kalah. Dengan raihan 3 poin, Persipura masih tertahan di peringkat 15 klasemen sementara.

 “Kita sudah bertemu dan berbicara dengan coach Luciano. Dia juga sangat mengerti dan memahami keadaan yang kita alami. Beliau paham bahwa hasil pertandingan belum memuaskan, walaupun ada perbaikan dan perkembangan,” ungkap Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam press release yang diterima Cenderawasih Pos, Minggu (30/6).

Pria dengan akronim nama BTM ini mengatakan, manajemen juga telah menyampaikan permohonan maaf, sekaligus ucapan terima kasih. Karena coach Luciano sudah menjadi bagian dari tim Mutiara Hitam dalam beberapa bulan terakhir.

BTM juga menjelaskan bahwa saat ini tim akan dinahkodai oleh Pelatih Fisik Lydio de Sauza bersama coach Alan Haviluddin dan Ridwan Bauw sambil mencari sosok pelatih yang akan menukangi Boaz Solossa dan kawan-kawan.

“Untuk hal tersebut, saat ini kita akan mencari dan menyiapkan pelatih baru, yang nantinya akan menggantikan Pelatih Luciano Leandro,” ujarnya.

Lydio bersama jajaran pelatih akan dipercayakan menukangi tim saat bertandang ke markas Arema FC. Kendati demikian, BTM tetap berharap, Lydio dan rekan-rekannya bisa menjalankan peran yang ditinggal oleh Luciano.

“Kita akan jalani pertandingan away hadapi Arema. Tentunya kita tidak ingin meletakkan beban yang berat kepada pemain dan pelatih. Tetapi tidak berarti kita akan menyerah begitu saja, tetap harus berusaha dan kerja keras,” jelasnya.

Dirinya juga membeberkan, jika dalam waktu dekat manajemen akan menemukan sosok pelatih pengganti Luciano Leandro. “Siapa pelatih yang baru, kita usahakan agar dalam waktu dekat sudah bisa kita sampaikan kepada public,” ucapnya.

Saat disinggung soal santernya nama Jacksen F Tiago yang akan kembali menukangi Persipura, BTM masih enggan mengakui hal tersebut.

Selain itu, melihat situasi yang sedang dialami Persipura, tentu mendapatkan banyak tanggapan dan komentar saran dan kritik dari masyarakat dianggap wajar oleh BTM. Menurutnya, manajemen Persipura tetap mengharapkan dukungan doa dan saran yang membangun untuk kemajuan Persipura kedepan.

“Dalam situasi seperti ini, yang dibutuhkan oleh tim ini adalah doa dan dukungan. Kita tidak anti kritik, tetapi kritiklah yang membangun, kalau hanya hujatan ya pasti tidak bisa jadi solusi,” ujarnya.

“Kita juga tidak mau tim ini tampil jelek dan tidak mungkin ada manajemen yang mau timnya buruk. Tetapi ini fakta yang kita alami, sehingga kita berusaha mencari solusi untuk kedepan harus lebih baik,”   sambungnya.

Ia menegaskan, bahwa manajemen tidak anti krtitik. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat dan pencinta Persipura untuk sama-sama memahami kondisi yang sedang dialami oleh tim empat bintang itu.

“Banyak yang beri pendapat yang miring. Padahal mereka tidak tahu apa yang terjadi, tapi kita bisa maklumi itu. Saat ini kita fokus untuk pelatih baru, semoga bisa segera kita dapat, dan kita tetap minta dukungan dan doa seluruh masyarakat,” tegasnya.

Di tempat berbeda, coach Luciano Leandro saat dihubungi Cenderawasih Pos via telepon selulernya berharap, Persipura bisa meraih hasil-hasil yang positif.

“Semoga Persipura bisa lebih baik ke depan. Terima kasih dan rasa hormat berada bersama tim Persipura. Memang hasil tidak maksimal tapi saya sudah usaha yang semaksimal mungkin. Beberapa pertandingan kita punya banyak kesempatan untuk menang. Saya yakin Persipura akan lebih baik lagi kedepan,” ujarnya.

Sekedar diketahui, hasil yang diraih oleh Persipura hingga pekan keenam, kalah 3-0 dari Persib Badung, imbang 2-2 dengan Persela Lamongan, imbang 1-1 dengan PSS Sleman, kemudian kalah 2-1 dari PS Tira dan kembali imbang 1-1 dengan tamunya Semen Padang. (eri/nat)