JAYAPURA -Pelatih kepala Persipura Jackaen F. Tiago mengaku timnya sedikit was-was jelang play off AFC Cup pada 19 Mei mendatang. Pasalnya menurut Jacksen, Persipura merupakan satu-satunya kontestan AFC musim ini yang tanpa kompetisi serta turnamen dalam kurun waktu satu musim.
Tentu nasib Persipura berbanding terbalik dengan kontestan lainnya yang tetap menjalankan kompetisi domestik di musim lalu (2019).
Untuk meningkatkan performa timnya, Jacksen akan mencari calon lawan uji coba dengan tim yang memiliki level sama atau sepadan. Bahkan yang levelnya di atas Persipura.
Saat ini, Jacksen merupakan satu-satunya sosok yang paham betul soal kerangka dan kebutuhkan timnya saat ini. Termasuk kebutuhan uji coba.
Jacksen yang sudah memiliki rekam jejak manis bersama Persipura di pentas AFC tentu tahu calon lawan uji coba yang sepadan.
“Saya rasa kita bisa uji coba dengan siapapun, dalam waktu yang tepat. Tapi kondisi kesiapan tim kita saat ini berbeda dengan di liga. Sekarang sasaran kita main di AFC dan butuh lawan yang benar-benar untuk menguji kita,” ungkap Jacksen F. Tiago kepada Cenderawasih Pos dalam zoom meeting, Rabu (31/3).
Menurut Jacksen, calon lawan uji coba yang paling realistis adalah sesama kontestan Liga 1 musim ini. Apalagi hingga saat ini, beberapa klub telah gugur dari fase grup Piala Menpora.
“Ada beberapa tim yang sudah gugur. Ada Arema FC, Perikabo, Persita Tangerang dan Borneo FC. Kita bisa mengajak mereka untuk uji coba,” ujar Jacksen.
Bahkan menurut Jacksen, selain tim lokal Indonesia, Persipura sebelumnya berencana melakukan beberapa agenda uji coba ke negara tetangga. Sayangnya, situasi pandemi Covid-19 membuat rencana tersebut sulit terwujud.
“Sebenarnya dari awal saya sudah berpikir, kita bisa lebih awal ke Singapura dan kita bisa lakukan uji coba sekaligus. Tapi kita dalam pandemi dan proses uji coba di luar negeri ada beberapa protokol yang menjadi persoalan. Kedua faktor finansial. Saya memahami manajemen juga dan tidak mudah,” ucap Jacksen.
Disinggung soal sepakbola PON Papua, menurutnya sangat kecil kemungkinan bila menunjuk tim sepakbola PON Papua sebagai salah satu calon lawan ujicoba. Tapi Jacksen juga mengaku bahwa tak menutup kemungkinan laga uji coba tersebut bisa dilaksanakan.
“Kemungkinan kita bermain dengan PON kecil. Karena kita mau persiapkan tim yang selevel dengan kita atau di atas kita. Tapi andaikan kita lama di Jayapura, ya bisa saja, karena kondisi seperti saat ini,” pungkasnya. (eri/nat)