Ketua Panitia Greestreck motor cross Bahayangkara Polda Papua AKBP. Victor Mackbon bersama Koordinator Lapangan Syamsul Huda ketika meninjau lapangan Gestrek Youtefa, Kamis (11/7). ( FOTO : Ginting/Cepos)

JAYAPURA-Guna memeriahkan HUT Bhayangkara, Polda Papua bersama IOF (Indonesia Offroad Federation) Papua menggelar kejuaran Gestrek Motor Cross di lapangan cross samping lapangan tembak Perbakin di jalan baru, Distrik Abepura.

Pergelaran Gestrek ini sendiri menargetkan 300 pembalap baik lokal dan pembalap Nasional seperti Lantian Juan, Mario hingga Josua Pattipi. Kejuaran yang memperebutkan hadiah utama KLX 150 cc dan jutaan hadiah lain akan digelar pada 19-21 Juli.

Kapolres Jayapura AKBP. Victor Macbon yang juga sebagai ketua panitia mengatakan, persiapan sudah mencapai 80 persen. Ia mengharapkan, kegiatan untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ini akan dapat diikuti sebanyak-banyaknya pembalap baik dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan kabupaten lainnya di Papua, termasuk pembalap dari Provinsi Papua Barat dan pembalap Nasional.

“Kita harapkan ini juga menjadi tontonan dan sekaligus hiburan bagi masyarakat kita dalam rangka HUT Bhayangkara,”tandasnya saat meninjau lapangan balap di Pasar Baru, Kamis (11/7).

Lapangan yang panjang kurang lebih 1000 meter yang didesain langsung oleh Syamsul Huda yang merupakan mantan pembalap Nasional. Syamsul mengatakan, lapangan yang dirinya desain ini, pengerjaannya mencapai 70 persen dan Sabtu (13/7) siap diuji coba.

“ Kita coba untuk menghadirkan sirkuit yang standar Nasional dan dipastikan sirkuit ini nantinya aman, tapi akan menjadi tontonan menarik untuk masyarakat,”ungkapnya.

Untuk pendaftaaran sendiri, pihaknya membuka pendaftatan di Tanah Hitam tepatnya di depan Hypermart, Tanah Hitam dengan pendaftaaran Rp 200 ribu setiap pembalap di setiap kelas yang diikuti.(gin/tho)