BIAK- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., MPP melakukan kunjungan kerja sejumlah satuan TNI AU yang berkedudukan di Biak, Kamis (2/7) kemarin. Tiba di Biak, jenderal bintang empat itu langsung meninjau sejumlah markas satuan TNI AU di Biak, dan sekaligus memberikan motivasi bagi jajaran prajuritnya. 

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., MPP ketika melihat dari pesawat jenis CN di Markas Komando Skuadron Udara 27 Biak dalam kunjungan kerja ke sejumlah satuan TNI AU yang berkedudukan di Biak, Kamis (2/7) kemarin. ( FOTO: Fiktor/Cepos)

    Adapun markas komando yang langsung didatangi adalah, Komando Operasi TNI AU (Koopsau) III, markas Komando Sektor Pertanahan Udara Nasional IV (Kosek Hanudnas IV), lalu mengunjungi Mako Lanud Manuhua, mako Batalyon Paskhas 468 Sarotama dan Skuadron Udara 27 Biak. 

   Selain didampingi sejumlah jenderal dari Mabes TNI AU, dikunjungannya di Biak KASAU juga didampingi langsung oleh Panglima Koopsau III Marsekal Muda TNI Ir. Novyan Samyoga, Panglima Kosek Hanudnas IV Marsma Deni Hasoloan Simanjuntak, Danlanud Manuhua Biak Marsma Daan Sulfi dan sejumlah komandan lainnya. 

  “Ini adalah kunjungan kerja rutin untuk melihat dari dekat sejumlah satuan TNI AU yang bermarkas di Biak. Ya, kunjungan pertama  saya ke Biak setelah menjabat KASAU sangat penting, tentunya dalam rangka memperkuat pertahanan udara di wilayah timur Indonesia, sebagaimana keingginan dari Pak Presiden,” ujar Kasau saat memberikan keterangan pers kepada wartawan setelah melakukan sejumlah rangkaian kukernya di Biak, kemarin. 

   Dikatakan, sejumlah sarana dan prasana pendukung dalam mengoptimalkan peran serta fungsi jajaran TNI AU di wilayah Koopsau III tentunya akan terus dibangun ataupun dilengkapi. Hal tersebut dinilai penting dalam memperkuat sistem pertahanan udara di wilayah Timur Indonesia, dimana Biak menjadi salah satu pusat komandonya melalui Koopsau III dan satuan TNI AU lainnya. 

“Penguatan TNI AU di wilayah Timur Indonesia khususnya lagi di Biak tentunya sangat penting, dan sejalan dengan itu pastinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah setempat dalam hal ini di Kabupaten Biak Numfor,” tandasnya. 

“Sinergitas TNI AU dengan semua satuan aparat negara lainnya sangat penting dan itu sudah saya sampaikan. Demikian halnya, sinergitas TNI AU dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan wajib dilakukan, termasuk keberadaan TNI AU dalam mendukung upaya percepatan pembangunan di daerah,” lanjut jenderal  bintang empat ini.(itb/tri)