JAYAPURA-Sejek penerapan PPKM Level 4 di empat kabupaten dan kota yang merupakan klaster PON Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke, angka terkonfirmasi Covid-19 mulai mengalami penurunan. Hal tidak terlepas dari dukungan kedisiplinan warga dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Papua, William Manderi menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan Pemprov Papua, pemerintah kabupaten dan kota, Satgas Covid-19, TNI-Polri, pihak terkait lainnya dan seluruh lapisan masyarakat. 

“Alhasil sudah seminggu terakhir, terlihat angka penurunan kasus terkonfirmasi di Papua terus membaik, yang terpenting kesadaran diri sendiri dalam hal penerapan Prokes dan  memberi diri divaksin harus dilakukan,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (20/8) kemarin.

Diakuinya, untuk mengurangi trafik penyebaran Covid-19, semua orang harus belajar disiplin dan menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Secara terpisah,  Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, yang juga selaku Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Jayapura,  dr. Silwanus Sumule SpOG(K) mengakui bahwa angka terkonfirmasi di Papua seminggu terakhir sudah menujunkan trend yang cukup menggembirakan.

“Semua aspek berperan penting dalam hal mendukung penurunan kasus terkonfirmasi di Papua. Kami juga memberi apresiasi untuk semua yang telah bekerja keras, kepada selutuh tim satgas di kabupaten/kota, terutama kabupaten/kota yang berada di area pelaksanaan PON,” katanya.

Diakuinya, Tim Satgas, Pemerintah Provinsi Papua dan Gubernur Papua memberikan apresiasi kepada semua kerja keras yang telah dilakukan. Karena sudah mulai terlihat dengan jelas. Dimana minggu terakhir ini angka terkonfirmasi terus menurun.

“Pada dengan posisi Rabu (18/8) lalu, mencapai 98 kasus dari yang sebelumnya bisa mencapai hingga 500 kasus. Ini memberikan gambaran yang cukup baik, namun kami harapkan agar semua pihak harus tetap mempertahankan hal tersebut,” pintanya.

Dirinya berharap kondisi ini terus dipertahankan dan masyarakat juga harus tetap melaksanakan prokes serta harus meningkatkan cakupan vaksinasi di Papua khususnya, di area-area pelaksanaan PON. (ana/nat)