SOSIALISASI-Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., didampingi Staf LKPP Lintang Marisa, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi SIKAP para pelaku usaha lokal OAP oleh BPBJ Kota Jayapura, di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa(5/3). (FOTO : Priyadi/Cepos

JAYAPURA-Agar proses pengadaan barang dan jasa di Kota Jayapura dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Maka Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kota Jayapura menyelenggarakan sosialisasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) bagi para pelaku usaha lokal khususnya Orang Asli Papua di Kota Jayapura.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa(5/3)kemarin.

  Wali Kota mengatakan sosialisasi pengoperasian SIKAP bagi para pelaku usaha lokal,   harus bisa di implementasikan secara maksimal. Karena aplikasi SIKAP atau sering disebut Vendor Management System (VMS), merupakan aplikasi subsistem dari sistem pengadaan secara elektronik yang digunakan untuk mengelola data atau informasi, mengenai riwayat, kinerja dan kualifikasi penyedia barang atau jasa.

   “Kegiatan sosialisasi pengoperasian SIKAP ini sangat penting dan strategis, guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku usaha lokal mengenai aplikasi SIKAP, yang dapat mendukung proses tender cepat dan pengadaan langsung di lingkup pemerintahan Kota Jayapura,”Ungkap Mano.

  Sementara itu, Kepala BPBJ Kota Jayapura Asep Akbar Mulyana Khalid, ST., berharap output dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada para pelaku usaha lokal Papua mengenai aplikasi SIKAP yang dapat mendukung proses tender cepat dan pengadaan langsung di lingkungan pemerintah Kota Jayapura. 

  Selaku narasumber dari kegiatan itu, staf LKPP Lintang Marisa, sangat menyambut baik kegiatan tersebut apalagi BPBJ Kota Jayapura sudah menjadi barometer di Papua. Sehiggga dengan adanya kegiatan itu akan semakin meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pelaku pengusaha Papua.(dil/gin)