Paulus Dwi Laksono ( FOTO : Takim/Cepos)

JAYAPURA-Peserta seleksi penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) CPNS formasi 2018 yang sudah mengikuti tes, diminta untuk bersabar menunggu hasil yang akan diumumkan oleh masing-masing pemerintah daerah. 

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kantor Regional IX Jayapura, Paulus Dwi Laksono mengatakan, pengumuman hasil tes CPNS 2018 Provinsi Papua baik dilaksanakan Pemprov Papua maupun pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Papua, masih menunggu hasil dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Menurut Paulus, semua berkas atau hasil tes sudah dikirim ke pemerintah pusat, sehingga pemerintah daerah baik Pemprov Papua maupun Pemkab dan Pemkot masih menunggu hasil dari pusat dalam hal ini dari Panselnas. 

“Panselnas CPNS adalah panitia yang dibentuk oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Panselnas yang diketuai kepala BKN ini dibentuk dalam rangka menjamin objektifitas pengadaan CPNS secara nasional. Jadi yang berhak memeriksa dan memutuskan kelulusan hasil tes peserta CPNS adalah  Panselnas tersebut,” ungkap Paulus kepada Cenderawasih Pos, Rabu (24/7). 

Paulus menyebutkan, Panselnas akan memeriksa terlebih dahulu hasil ujian/tes yang mereka terima dan hasil terseut nantinya disampaikan ke pemerintah daerah melalui Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). “Setelah ada hasilnya, barulah disampaikan ke masyarakat atau peserta melalui PPK pemda terkait,” tambahnya.

BKN menurut Paulus tidak mempunyai kewenangan sehingga tidak bisa memastikan kapan hasil tes CPNS tersebut diumumkan ke masyarakat. Oleh sebab itu, pihaknya meminta masyarakat khususnya para peserta tes untuk menunggu hasil dari Panselnas. (kim/nat)