Didampingi Ketua Harian KONI Kabupaten Meruake Samuel Tanalepy, SE, Sekertaris Umum handball  Papua Joice   Singal saat memberikan arahan kepada  para atlet handball seusai mengikuti sesi latihan dalam rangka seleksi atlet PON XX di GOR Hiad Sai II Merauke, Sabtu (10/8)   ( FOTO : Sulo/Cepos )

MERAUKE- Pengurus  Provinsi Handball   Papua  melakukan seleksi atlet  handball  PON XX di  Kabupaten Merauke selama 2  hari  yang dimulai Sabtu (10/8). 

    Sekertaris Umum   Pengurus Provinsi Handball Papua  Joice Singal  ditemui  media ini disela-sela  seleksi atlet  PON XX  tersebut mengungkapkan, bahwa  seleksi atlet  ini dalam rangka mempersiapkan   untuk PON  XX  tahun 2020 di Papua mendatang. ‘’Tujuan  kami datang ke sini  adalah untuk mencari atlet-atlet yang berpotensi  untuk masuk  dalma  Tim PON  yang jumlahnya 16   atlet pria dan 16 atlet  perempuan,’’ katanya.    Menurutnya, seleksi atlet   Handball untuk  PON  XX tersebut   telah dilakukan di Jayapura, Keerom, Timika, dan    sekarang ini   dilakukan di Merauke.  ‘’TC akan dimulai bulan  September mendatang  yang akan berlangsung selama 1 tahun  yang semuanya  akan dipusatkan di Jakarta. Sementara   pada bulan Mei  2020 mendatang sudah diprogramkan akan TC selama 1 bulan di Korea Selatan,’’  jelasnya.  

    Joice Singal optimis  akan memperoleh  medali emas pada PON XX mendatang setelah melihat  latihan dari  anak-anak   Merauke yang mengikuti seleksi  tersebut. ‘’Saya sangat optimis, kita akan memperoleh  medali emas pada PON   XX  setelah melihat anak-anak sore ini   latihan  untuk kita melakukan seleksi,’’ tandasnya.    Joice juga menjelaskan bahwa   dalam mempersiapkan atlet PON  XX  ini akan ada lapis berikutnya. Artinya, jika    pemain inti  mengalami  halaman karena sakit  atau cidera maka akan segera diganti dengan   pemain lapis kedua.  

    Sementara itu, Pelatih Kepala Handball Papua Andi Purwanto mengungkapkan  latihan yang dilakukan ini adalah untuk seleksi  atlet PON Papua XX tahun 2020 mendatang. ‘’Hari ini, bayangan kami sudah melihat beberapa anak-anak   baik putra dan putri di Merauke ini. Kita akan tingkatkan pada saat TC  nanti di Jakarta,’’ katanya.  Andi Purwanto mengaku  sejumlah  pemain  tersebut  yangmemiliki potensi  akan direktur masu ke dalam  skuad PON XX Papua. 

‘’Sudah ada beberapa   yang kita lihat.  Tapi kita foto  dulu dan akan kita lihat. Yang pasti akan kita umumkan Agustus nanti.  Kalau bicara angka cukup lumayan  bisa kita rekrut  dari Merauke. Karena ini juga ada dari Timika, Jayapura dan Keerom  juga  ada,’’ jelasnya.  Ditambahkan,  jumlah  yang akan disiapkan  untuk mengikuti TC PON di Jakarta nantinya antara 16-20  atlet baik putra dan putri.  

‘’Totalnya  yang  akan  kita persiapkan  untuk mengikuto TC  di Jakarta nanti antara 156-20 atlet,’’ tambahnya. (ulo)