JAYAPURA –Ketua Harian Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, William Manderi menjelaskan pelaksanaan PPKM Mikro seperti yang diarahkan oleh Presiden RI dan telah dirapatkan bersama oleh seluruh Tim Satgas Covid-19 Papua dan juga pemerintah kabupaten/kota yang ada di Papua.

“Berdasarkan dengan hasil rapat yang dilakukan, bisa disimpulkan bahwa penerapan PPKM Mikro sudah diterapkan rata-rata di kabupaten/kota masing-masing, sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (3/7) lalu.

Diakuinya, khusus untuk pihaknya akan menerapkan pemeriksaan lebih teliti dan lebih ketat khususnya pada akses keluar dan masuk melalui Bandara Udara maupun Pelabuhan Laut.

“Ini sudah kami lakukan, hampir dari tahun 2020, hanya saja untuk saat ini akan kami lakukan kembali, sepertinya berbagai upaya sudah dilakukan baik tingkat kabupaten/kota maupun Provinsi untuk penanggulangan Covid-19,” terangnya.

Lanjutnya, pastinya semua kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, merupakan upaya terbaik bagi masyarakat, dan diharapkan agar masyarakat bisa kembali menerapkan prokes dengan baik.

“Bila perlu aka nada sanksi yang diberikan bagi mereka yang tidak menaati peraturan yang diberikan oleh pemerintah,” terangnya. (ana/gin)