Laorens Wantik, S.Pd., M.Pd.Si., ( FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Laorens Wantik, S.Pd., M.Pd.Si., menyebutkan bahwa berdasarkan data terakhir terkait beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), terdapat total pendaftar mencapai 3050 orang. Total pendaftar ini terbagi atas 2700 pendaftar dan 350 orang alumni beasiswa ADEM.

 Dari total pendaftar ini juga, dipaparkan Wantik bahwa untuk Rayon Jayapura, peserta yang mendaftar sebanyak 650 orang, yang mana nantinya akan mengikuti tes di SMAN 4 Jayapura. Kemudian, untuk Rayon Jayawijaya sebanyak 650 pendaftar, yang akan tes di SMK Yapis Wamena.

 Sementara itu, untuk Rayon Merauke, terdapat sebanyak 300 pendaftar yang nantinya akan mengikuti tes di Kampus Musamus. Lalu, untuk Rayon Timika, terdapat 450 pendaftar yang nantinya mengikuti tes di SMP Negeri 2 Mimika. 

 Untuk  Rayon Biak Numfor terdapat sebanyak 300 pendaftar yang nantinya mengikuti tes di SMA YPK 2 Biak. Terakhir, untuk Rayon Nabire, diketahui terdapat 350 pendaftar yang akan mengikuti tes di SMAN 1 Nabire.

“Tes akan dilakukan pada 18 Juni mendatang dengan berbasis kertas pensil, yang dilakukan secara serentak di 6 kabupaten induk yang telah disebutkan. Hasil tes akan dirilis paling lambat sebulan setelah waktu tes, sekitar 18 Juli bulan depan,” terang Laorens Wantik, S.Pd., M.Pd.Si., kepada Cenderawasih Pos, Jumat (14/6) kemarin.

 Pihaknya berharap peserta dari kabupaten-kabupaten di luar kabupaten induk di masing-masing rayon dapat mengantisipasi waktu ujian, yang mana satu hari sebelum waktu tes, sudah ada di lokasi tes untuk mengikuti ujian.

“Sementara untuk Beasiswa ADEM akan dilakukan tes pada 20 Juni mendatang di SMA Negeri 3 Jayapura. Ini berbeda dengan ADik, dimana tes ADEM ini sudah dilakukan di masing-masing kabupaten di seluruh Papua,” tambahnya.

 Hanya saja untuk Kota Jayapura pendaftarnya banyak hingga melebihi kuota.  Untuk itu Kota Jayaura akan lakukan tes pada 20 Juni mendatang di SMA Negeri 3 Jayapura. (gr/ary)