Suasana rapat bersama antara Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi dan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (3/6). (FOTO: Robert cepos)

SENTANI- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi mengatakan, penanganan Covid-19   bukan saja menjadi tanggung jawab dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

“Penanganan Covid-19 harus menjadi tanggung jawab dari semua pihak,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Rabu (3/6).

Dia mengatakan, selama ini, tim kesehatan menjadi garda terdepan untuk penanganan Covid-19 ini, namun hal ini tidak akan efektif jika tidak ada kerja sama antara tim dan masyarakat di Kabupaten Jayapura.

“Tim kesehatan tidak bisa bekerja sendiri untuk penanganan Covid-19 ini. Harus ada kerja sama tim, bukan lagi diselesaikan secara sektor.  Bukan lagi kerjanya gugus tugas, tapi pemerintah daerah itu satu tim untuk bagaimana melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembatasan ini,” tegasnya.

Untuk itu, dia berharap agar peran dari masing-masing pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turut serta melakukan sosialisasi dan pemahaman dimulai dari tingkatan yang paling kecil di  masing-masing OPD. Sehingga hal  itu terus berkembang hingga ke tingkatan yang lebih luas lagi.

“Minimal pimpinan OPD bicara kepada stafnya dan semua keluarga yang ada di dalam lingkungan organisasi perangkat daerah yang bersangkutan.  Harus bertanggung jawab bahwa semua menggunakan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Di sisi lain, keterlibatan masyarakat untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini yakni dengan cara mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, kemudian masyarakat juga diharapkan dispilin patuh terhadap imbauan pemerintah.

“Tanpa ada dispilin kepatuhan dari masyarakat, maka program dan kerja pemerintah selama ini tidak akan berhasil,”pungkasnya. (roy/tho)