Coffee Morning bersama KPU, Bawaslu, TNI, Polri, Binda, dan Kejati

Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar Coffee Morning di Hotel Horison Jayapura, Senin (7/12) kemarin.(Foto:gratianussilas/cepos)

JAYAPURA- Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar Coffee Morning di Hotel Horison Jayapura, Senin (7/12) kemarin. Coffee Morning dengan tema mewujudkan Pilkada yang aman, bersih, jujur, adil, dan bebas dari Covid 19 ini digelar dengan melibatkan KPU dan Bawaslu Papua, Polda Papua, Kodam XVII/Cenderawasih, Kejati Papua, dan Binda Papua.
“Intinya mengecek kemantapan persiapan pemungutan, penghitungan, dan hasil rekapitulasi hasil Pilkada pada 9 Desember nanti. Kita ingin mendengar kesiapan dari KPU, Bawaslu, serta pengamanan terhadap jalannya tahapan yang pada 9 Desember itu akan dilalakukan oleh TNI dan Polri, serta Kejati Papua,” terang Kepala Badan Kesbangpol Papua, Musa Isir, menjawab Cenderawasih Pos, Senin (7/12) kemarin seusai Coffee Morning dilakukan.
Selain memastikan agenda Pilkada berjalan sebagaimana mestinya, penekanan terhadap penerapan protokol kesehatan juga dilakukan dalam upaya preventif, sehingga agenda Pilkada yang berjalan tidak menjadi klaster baru penularan Covid 19.
“Kalau protokol kesehatan, sudah ada Alat Pelindung Diri (APD), baik kepada penyelenggara maupun masyarakat pemilih, sehingga tidak terjadi klaster baru, maka harus mengikuti prokes yang sudah ditentukan, terutama APD yang sudah disiapkan,” tambahnya.
Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay, memastikan bahwa untuk logistik sudah dikirim dan tiba di masing-masing kabupaten penyelenggara Pilkada.
“Termasuk logistik APD yang juga telah didistribusikan secara bersamaan. Masyarakat pemilih diminta mengikuti standard protokol kesehatan di TPS nantinya,” jelas Theodorus Kossay.
Sementara itu, Komisioner Bawaslu Papua, Ronald Manoach, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengirim tim supervisi terpadu yang beranggotakan Bawaslu Papua dan Sentra Gakkumdu, untuk mendampingi kabupaten yang laksanakan Pilkada. “Semua sudah bergeser ke kabupaten masing-masing,” terang Ronald Manoach. (gr)