Sekda Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy

JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua melalui Sekda Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy, SE., M.Si., menyampaikan belasungkawa atas gugurnya, Kabinda Papua, Mayjen TNI  Anumerta I Gusti Putu Danny N. Karya.

Sekda Dance Flassy mengutuk keras aksi penembakan yang dilakukan kelompok kriminal terhadap Kabinda Papua. “Pemprov Papua mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas kejadian tersebut. Kami mengutuk keras aksi tersebut yang jelas ini merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan,” tegasnya.

Diakuinya, Pemprov Papua juga akan memberikan penghargaan kepada keluarga almarhum sekaligus menghadiri pemakaman jenazah almarhum. Sekda Dance Flassy menyebutkan, pemakaman akan dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata di Jakarta Selatan.

Secara terpisah, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa menambahkan bahwa kepergiaan almarhum sangat tidak disangka-sangka. Dirinya bahkan sangat kaget mendengar berita duka tersebut. Pasalnya sosok Kabinda Papua ini merupakan sosok pemimpin yang sangat baik. Bahkan dalam hal  menjalin koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua maupun pemerintah daerah sangat terbuka.

“Kami atas nama gubernur, wakil gubernur, Sekda dan masyarakat Papua mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Papua yang gugur dalam tugas. Kami tidak menginginkan hal seperti ini terjadi. Beliau orang baik untuk Papua,” ucap Doren Wakerkwa dengan mata berkaca-kaca, Senin (26/4) kemarin.

Dikatakan, Pemprov Papua tentunya tidak menginginkan hal ini terjadi, mengingat kebaikan almarhum selama bertugas di Papua. Doren Wakerkwa mengakui banyak kesan yang telah ditinggalkan terutama dalam menjalin koordinasi bersama Pemprov Papua, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Kami kehilangan sosok seperti beliau. Selama beliau bertugas di Papua, semua kordinasi berjalan dengan baik. Kami berdoa agar arwah almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, atas kebaikan dan atas amal bakti yang dilakukan di Papua,” tambahnya.

Sekedar diketahui, jenazah Kabinda telah dievakuasi dari Beoga menuju Timika dan selanjutnya diterbangkan ke Jakarta. Saat ini jenazah disemayamkan di Balai Komando Cijantung. (fia/ana/nat)