JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua mendukung adanya Deklarasi Pemekaran Papua Selatan, yang terdiri dari Kab. Merauke, Asmat, Boven Digoel dan Mappi.

Sekda Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy menjelaskan, pihaknya sangat mendukung apa yang diharapkan pemerintah pusat.

“Hal ini juga sangat baik, karena untuk memperpendek pengawasan terhadap pelayanan pemerintah, agar dapat berjalan dengan baik, mengingat Papua memiliki wilayah yang sangat luas,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (16/6).

 Pihaknya akan mendorong hal tersebut dengan memberikan usulan dari Pemerintah Provinsi Papua, baik dari DPR, MRP dan instansi terkait lainnya.

“Soal pemekaran ini kami dorong dan saya rasa ini perlu dipercepat untuk memperpendek rentang kendali penyelengaraan pemerintahan di Papua. Ini saja tujuan kita,” terangnya.

 Diakuinya, percepatan pemekaran di Papua harus dilakukan, dengan demikian pembangunan di Papua bisa terasa. Bukan hanya di satu daerah saja tetapi untuk daerah lainnya.

 “Ini juga akan berdampak sampai ke masyarakat yang ada di Papua. Untuk itu sangat perlu adanya pemekaran provinsi di Papua,” terangnya.

 Lanjutnya, jika kondisi masih seperti ini, sangat tidak mendukung pembangunan di Papua secara merata, karena wilayah di Papua sangat luas dan pihaknya sangat mendukung adanya pemekaran yang sesuai dengan tujuan dari Pemerintah Pusat. (ana/ary)