Robert Mboik Cepos

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Yan Yap Ormuseray saat menyerahkan peralatan pemantau burung Cendrawasih kepada pihak KPA Tablasupa, di Kantor Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kamis (24/6).

SENTANI- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup menyerahkan bantuan pembangunan pondok pemantauan burung Cenderawasih. Pemprov juga memberikan bantuan perlengkapan peralatan pemantauan Cendrawasih seperti kamera, teropong dan beberapa peralatan lainnya.

Mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Yan Yap Ormuseray mengatakan, bantuan berupa pembangunan rumah pemantau burung Cendrawasih dan gazebo ini sebenarnya sudah dilakukan pihaknya sejak 2019 lalu. Bangunan itu berupa satu unit rumah pemantauan dan 3 unit gazebo serta peralatan pemantauan seperti kamera teropong dan sejumlah peralatan pendukung lainnya kepada kelompok pencinta alam selaku pengelola.

“Hari ini kami berikan bantuan dari Gubernur Papua kepada masyarakat di Kampung Tablasupa,” kata Yan Yap Ormuseray  kepada wartawan di sela-sela kesibukannya, Kamis, (24/6) kemarin.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada masyarakat yang menerima bantuan itu supaya dapat mengoptimalkannya, khususnya dalam rangka pemberdayaan ekonomi berbasis potensi yang ada di masyarakat. Selain itu itu juga sebagai bentuk upaya pemerintah dan masyarakat untuk menjaga ekosistem alam, termasuk habitat dari burung Cendrawasih.

Sementara itu, Ketua kelompok Pencinta Alam, Lukas Oyaitouw, selaku penerima manfaat dari bantuan itu sangat mengapresiasi atas perhatian yang sudah diberikan oleh Pemprov melalui Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua. 

Menurutnya, selama ini pembangunan fisik dari rumah pemantau burung Cendrawasih dan gazebo ini sudah selesai dibangun, hanya saja pemanfaatannya belum pernah dilakukan karena masih menunggu penyerahan kunci dan peralatan pendukung lainnya.

“Kami berterima kasih kepada Pemprov atas bantuan ini, kami akan memanfaatkan fasilitas itu untuk menunjang kegiatan kami ke depan,” tambahnya.(roy/tho)