Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM.,foto bersama Forkopimda usai melakukan Rakor terkait evaluasi pencegahan covid dan Kamtibmas menjelang natal di wilayah Kota Jayapura. (FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM.,menjelaskan, rencananya Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura dalam rangka persiapan menjalankan sekolah tatap muka di bulan Januari 2021, maka terlebih dahulu dilakukan rapat koordinasi bersama antara Dinas P&K, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan dan unsur lainnya, apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan.

 Sehingga saat sekolah dibuka kembali keselamatan dan kesehatan peserta didik ini bisa jadi prioritas utama. Termasuk para tenaga pendidik dan kependididlan sebelum bekerja juga harus dilakukan test swab supaya dipastikan saat mengajar di sekolah aman.

  “Saya juga minta Dinas P& K Kota Jayapura dan PGRI Kota Jayapura harus bisa membuat simulasi apa saja yang harus dilakukan saat peserta didik sudah masuk sekolah ini harus diatur dengan baik dan sebelum peserta didik masuk sekolah, harus dipastikan sekolah semua sudah menerapkan protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, ada pengukur suhu tubuh, bangku dan meja harus diatur jaraknya dan peserta didik memakai masker, jangan ada yang berkerumun,”ungkap Wali Kota Jayapura, Minggu (13/12) kemarin.

 Menurut Wali Kota jika semua orang tua banyak yang setuju jika sekolah dibuka kembali dan mau menaati aturan Prokes yang diterapkan oleh Dinas P&K tentu tidak jadi masalah, yang penting komunikasi koordinasi selalu dijalankan dengan baik, apakah itu pihak sekolah, orang tua peserta didik, Dinas Pendidikan demi menjaga keselamatan peserta didik.(dil/wen)