Penandatanganan dokumen kerja sama Pemkab Jayapura dengan pihak TV Kabel terkait program penyiaran KBM bagi siswa selama pandemi Covid-19 melalui saluran TV kabel.( foto: Robert Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura siap melayani Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa melalui layanan saluran televisi  di Kabupaten Jayapura.

“Sudah ada kerja sama dengan pihak penyedia saluran televisi, kita siap meluncurkan programnya saja,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gistav Griapon saat ditemui wartawan di Sentani, Senin (15/6).

Dia mengatakan, sebelum program itu mulai dijalankan, pemerintah terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah yang sudah mendapat saluran televisi lokal.

“Kita menggunakan saluran TV kabel. Program ini terselenggara setelah ada kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, kami Dinas Kominfo hanya menyiapkan infrastrukturnya,”paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini kurang lebih sekitar 15 ribu pelanggan yang sudah tersambung dengan jaringan televisi lokal, khusus di area Kota Sentani dan sekitarnya. Untuk itu, pemerintah berharap melalui jaringan televisi lokal ini, layanan KBM terhadap siswa-siswi di wilayah kota yang sudah masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 ini tetap terlayani.

“Kita menyiapkan saluran khusus program TV mengajar yang akan disiarkan melalui jaringan TV kabel ini. Nanti program ini akan diaktifkan selama 24 jam dan dinas terkait yang akan membagi jadwal pelajaran untuk TK, SD, SMP dan SMA maupun SMK,” ujarnya.

Dia menambahkan, secara umum program TV mengajar ini akan maksimal dijalankan pada tahun ajaran baru. “Saat ini sudah mulai jalan, hanya saja masih dalam tahap sosialisasi,”tambahnya. (roy/tho)