Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika melihat langsung tangki air untuk pemasangan tempat cuci tangan di Halaman Kantor Bupati, Jumat (27/3) kemarin. ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor memastikan kebutuhan pokok (bapok) di masyarakat selama   pembatasan sosial 14 hari, sebab akses perhubungan masuk di wilayah Papua tetap aman. Kepastian keamanan stok bapok tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, SSi, MPd setelah melakukan rapat koordinasi dengan semua instansi terkait, di Gedung Wanita, kemarin. 

  “Penjelasan dari pihak Bulog Sub Drive Biak stok beras aman untuk 8 bulan ke depan, demikian dengan sejumlah distributor yang kami sudah panggil juga menyampaikan kalau stok bapok di mereka cukup,” ujar Bupati. 

   Terkait dengan itu maka masyarakat diminta tetap tenang dan tidak panik atas ketersedian bahan pokok. Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui instansi terkait terus akan memantau perkembangan di lapangan, baik ketersedian kebutuhan bahan pokok maupun stabilitas harga. 

   Bupati Herry A. Naap juga meminta semua pedagang atau siapa saja supaya tidak melakukan penimbuhan kebutuhan pokok masyarakat selama pembatasan sosial. Pemerintah Kabupaten Biak Numfor akan mengambil tindakan tegas kepada setiap oknum yang melakukan penimbuhan kebutuhan masyarakat, termasuk “mempermainkan harga” di lapangan. 

  “Saya meminta supaya jangan ada oknum mempermainkan harga, apalagi sampai melakukan penimbunan kebutuhan pokok masyarakat. Persoalan Covid-19 adalah persoalan bersama dan harus kita “lawan”, jadi saya harapkan semua pihak mendukung kebijakan pemerintah,” tegasnya mengingatkan. 

  “Saya juga kembali mengimbau semua pihak tanpa terkecuali, termasuk masyarakat di Kabupaten Biak Numfor supaya mendukung setiap kebijakan yang diambil pemerintah daerah. Mari kita bersama-sama melakukan pencegahan dan penanganan terhadap virus corona sesuai dengan potensi yang dimiliki, persoalan virus corona sudah menjadi persoalan nasional dan internasional,” lanjut Bupati mengimbau semua pihak.(itb/tri)